PEMBEBANAN JAMINAN FIDUSIA ATAS SATUAN RUMAH SUSUN

Moyasari Tisna Viasanti, 030911001 (2013) PEMBEBANAN JAMINAN FIDUSIA ATAS SATUAN RUMAH SUSUN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-viasantimo-33779-4.abstr-k.pdf

Download (218kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2014-viasantimo-33779-1.FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (685kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Karakteristik kepemilikan bangunan gedung atas satuan rumah susun adalah adanya 2 (dua) jenis hak kepemilikan yang dimiliki oleh pemilik satuan rumah susun, yaitu kepemilikan bersama dan kepemilikan perseorangan. Tanda bukti kepemilikan atas rumah susun atau satuan rumah susun tersebut ada 2 (dua) macam, yaitu SHM Sarusun dan SKBG Sarusun. SHM Sarusun merupakan tanda bukti kepemilikan atas satuan rumah susun yang dibangun di atas tanah Hak Milik, Hak Guna Bangunan atau Hak Pakai di atas tanah negara, Hak Guna Bangunan atau Hak Pakai di atas tanah pengelolaan, yang sertifikatnya diterbitkan oleh Kantor Pertanahan Kabupaten/Kota setempat bagi setiap orang yang memenuhi syarat sebagai pemegang hak atas tanah. SHM Sarusun ini dapat dijadikan jaminan utang dengan dibebani hak tanggungan. Sedangkan SKBG Sarusun merupakan tanda bukti kepemilikan atas satuan rumah susun di atas barang milik negara/daerah berupa tanah atau tanah wakaf dengan cara sewa, yang sertifikatnya diterbitkan oleh instansi teknis Kabupaten/Kota yang bertugas dan bertanggung jawab di bidang bangunan gedung. SKBG Sarusun dapat dijadikan jaminan hutang dengan dibebani Jaminan Fidusia. Dalam pembebanan jaminan fidusia atas satuan rumah susun di atas tanah negara atau tanah wakaf, yang menjadi obyek pokok hak jaminan bukan tanahnya, melainkan bangunan rumah susun atau satuan rumah susun. Mekanisme pembebanannya melalui 3 (tiga) tahapan. Pertama, pembuatan perjanjian pokok. Kedua, pembebanan SKBG Sarusun dengan jaminan fidusia yang dibuat dengan Akta Notaris. Ketiga, pendaftaran jaminan fidusia tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FH.147/14 Via p
Uncontrolled Keywords: fiduciary insurance
Subjects: K Law > KB Religious law in general > KB1-4855 Religious law in general. Comparative religious law. Jurisprudence > KB130 Legal research. Legal bibliography. Methods of bibliographic research
Divisions: 03. Fakultas Hukum
Creators:
CreatorsNIM
Moyasari Tisna Viasanti, 030911001UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDr. Trisadini P. Usanti S.H., M.H., Dr., S.H., M.H.UNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 07 Nov 2014 12:00
Last Modified: 18 Aug 2016 10:21
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/12700
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item