PENEGAKAN HUKUM TERHADAP PIHAK MUSEUM ATAS HILANGNYA BENDA CAGAR BUDAYA

RIZKI YANDRA KAIZIR, 031011195 (2014) PENEGAKAN HUKUM TERHADAP PIHAK MUSEUM ATAS HILANGNYA BENDA CAGAR BUDAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-kaizirrizk-33856-4.abstr-k.pdf

Download (56kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2014-kaizirrizk-33856-1.FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (407kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Benda cagar budaya merupakan wujud pemikiran dan perilaku kehidupan manusia yang penting artinya bagi pemahaman dan pengembangan sejarah, ilmu pengetahuan, dan kebudayaan sehingga perlu dilestarikan keberadaannya agar terhindar dari kepunahan.Tindak pidana/kejahatan benda cagar budaya beberapa tahun terakhir mengalami peningkatan akibat tingginya permintaan kolektor atas benda-benda kuno untuk menambah atau melengkapi koleksinya dan keadaan ini diperburuk dengan lemahnya penegakan hukum dalam tindak pidana cagar budaya. Peraturan perundang-undangan yang berlaku saat ini memberikan kekebalan hukum kepada pihak museum atas hilangnya benda cagar budaya. Permasalahanpermasalahan ini akan dibahas secara komprehensif berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan, kewenangan museum, dan penyelesaian tindak pidana benda cagar budaya yang terjadi sebelumnya. Penegakan hukum pidana merupakan premium remedium sebagai bentuk perlindungan hukum terhadap eksistensi benda cagar budaya. Museum sebagai korporasi merupakan subjek hukum pidana yang akan dibahas secara khusus dalam penelitian ini yang dikaitkan dengan Undang-Undang No. 11 Tahun 2010 tentang Cagar Budaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FH.181/14 Kai p
Uncontrolled Keywords: PROTECTION LAW
Subjects: K Law > KB Religious law in general > KB1-4855 Religious law in general. Comparative religious law. Jurisprudence > KB130 Legal research. Legal bibliography. Methods of bibliographic research
Divisions: 03. Fakultas Hukum
Creators:
CreatorsNIM
RIZKI YANDRA KAIZIR, 031011195UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDr. SARWIRINI, S.H., M.S., D., S.H., M.S.UNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 10 Nov 2014 12:00
Last Modified: 22 Aug 2016 04:31
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/12734
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item