Ishlahul Khair, -
(2023)
Hubungan Social Media Engagement dengan Tingkat Kecanduan Internet pada Pengguna YouTube.
Artikel Ilmiah thesis, Universitas Airlangga.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meneliti hubungan antara social media engagement dengan tingkat kecanduan internet pada pengguna YouTube. Alat ukur yang digunakan yaitu Social Media Engagement Scale for Adolescents dan Internet Addiction Test. Kedua alat ukur tersebut telah diterjemahkan ke bahasa Indonesia. Kedua alat ukur tersebut juga telah melalui uji validitas dan reliabilitas dan menunjukkan hasil yang baik. Analisis data menggunakan teknik uji korelasi parametrik Pearson Product Moment dengan bantuan software IBM SPSS Statistic 26. Dari hasil survei didapatkan total responden sebanyak 104 orang, dengan jumlah responden laki-laki sebanyak 46 orang dan responden perempuan sebanyak 58 orang. Dari hasil uji korelasi didapatkan hasil bahwa terdapat hubungan yang signifikan (p=0,000<0,05) antara social media engagement dengan tingkat kecanduan internet pada anak muda pengguna YouTube dengan nilai korelasi sebesar 0,430. Arah hubungan bersifat positif yang berarti semakin tinggi tingkat social media engagement, maka semakin tinggi pula tingkat kecanduan internet.
Actions (login required)
|
View Item |