Pengaruh antara Konformitas Teman Sebaya terhadap Kecenderungan Perilaku Merundung Siswa Berkebutuhan Khusus

Arini Rizky Ayu Isnaini Putri, - (2023) Pengaruh antara Konformitas Teman Sebaya terhadap Kecenderungan Perilaku Merundung Siswa Berkebutuhan Khusus. Artikel Ilmiah thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Artikel Ilmiah)
Jurnal Arini, bismillah.pdf

Download (612kB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu mengenai apakah terdapat pengaruh antara konformitas teman sebaya terhadap kecenderungan perilaku perundungan pada siswa berkebutuhan khusus di SMA Inklusi “x”.. Metode penelitian kuantitatif dan menggunakan purposive sampling dalam menentukan target penelitian, yaitu siswa reguler di SMA “X” dan menempati kelas yang sama dengan siswa berkebutuhan khusus. Peneliti mengumpulkan data menggunakan google form yang telah disebarkan melalui perantara guru bimbingan konseling dan mendapatkan 70 responden yang sesuai dengan kriteria penelitian. Uji yang dilakukan adalah uji hipotesis menggunakan regresi linear berganda untuk melihat apakah terdapat pengaruh antara variabel konformitas teman sebaya dengan variabel kecenderungan perilaku perundungan pada siswa berkebutuhan khusus. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh negatif antara konformitas teman sebaya terhadap kecenderungan perilaku perundungan pada siswa berkebutuhan khusus artinya apabila konformitas teman sebaya tinggi maka kecenderungan perilaku perundungan pada siswa berkebutuhan khusus rendah.

Item Type: Thesis (Artikel Ilmiah)
Uncontrolled Keywords: perilaku merundung, konformitas, sekolah inklusi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education
Divisions: 11. Fakultas Psikologi > Psikologi Pendidikan
Creators:
CreatorsNIM
Arini Rizky Ayu Isnaini Putri, -111711133202
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTino Leonardi, -0022077601
Depositing User: Arini Putri
Date Deposited: 04 Dec 2023 03:36
Last Modified: 04 Dec 2023 03:36
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/128821
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item