Praktek Kerja Lapang tentang Isolasi Skeletonema costatum Dengan Metode Pipet Kapiler di Sakti Besar Pengembangan Budidaya Air Payau Desa Bulu Kecamatan Jepara Kabupaten Jepara Propinsi Jawa Tengab

ANTON MONE, - (2006) Praktek Kerja Lapang tentang Isolasi Skeletonema costatum Dengan Metode Pipet Kapiler di Sakti Besar Pengembangan Budidaya Air Payau Desa Bulu Kecamatan Jepara Kabupaten Jepara Propinsi Jawa Tengab. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
ANTON MONE.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Skeletonema costatum merupakan diatom uniselluler yang banyak dimanfaatkan sebagai pakan alarM bagi larva ikan maupun udang. Ketersediaan bibit Skeletonema costatum yang murni tanpa adanya kontaminasi dari jenis fitoplankton lain sangat diperlukan guna memenuhi kebutuhan gizi bagi larva ikan maupun udang yang mengkonsumsinya. Tujuan dari Praktek Kerja Lapang ini adalah untuk mengetahui cara isolasi Skeletonema costatum dengan metode pipet kapiler, cara penyirnpanan kultur murni Skeletonema costatum basil isolasi metode pipet kapiler serta hambatan dalam memperoleh bibit Skeletonema costatum. Praktek Kerja Lapang ini dilaksanakan di Balai Besar Pengembangan Budidaya air Payau Desa Bulu Kecamatan Jepara Kabupaten Jepara Propinsi Jawa Timur pada tanggal 26 Juli —26 Agustus 2005. Metode kerja yang digunakan dalam Praktek Kerja Lapang ini adalah metode diskriptif dengan teknik pengambilan data meliputi data primer dan data sekunder. Pengambilan data dilakukan dengan cara partisipasi aktif, observasi, wawancara dan studi pustaka. Isolasi Skeletonema costatum dengan metode pipet kapiler dilakukan pada obyek glass yang telah ditetesi air sampel dengan menggunakan pipet kapiler dan mikroskop dengan perbesaran 40 x. Isolasi dilakukan dalam keadaan steril dan aseptik. Perbanyakan se] Skeletonema costatum yang telah diisolasi dilakukan dalam media cair 10 ml dan selanjutnya dikultutr secara bertahap dalam volume 50 ml, 100 m1,200 ml dan 400 ml dan 2 liter. Penyimpanan bibit murni Skeletonema costatum basil isolasi dilakukan di dalam refrigerator dengan suhu 4 — 6°C yang bertujuan untuk menghambat pertumbuhan selnya. Kendala utama yang dihadapi pada kegiatan isolasi adalah sulitnya memperoleh bibit murni dari alam yang berkualitas baik serta kontaminast Nitzschtc.) sp.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF600-1100 Veterinary medicine
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan > Ilmu Kedokteran Hewan Dasar
Creators:
CreatorsNIM
ANTON MONE, -060210074 P
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ContributorSRI SUBEKTI, -0017055202
Depositing User: Agung BK
Date Deposited: 28 Dec 2023 06:57
Last Modified: 28 Dec 2023 06:57
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/128882
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item