Manajemen Pembesaran Kerapu Tikus (Cromileptes di Balai Besar Pengennihangan Budidaya Air Payau (BBPBAP) Jepara Jawa Tengah

ATMIRAH SEPTINAWAT1, - (2006) Manajemen Pembesaran Kerapu Tikus (Cromileptes di Balai Besar Pengennihangan Budidaya Air Payau (BBPBAP) Jepara Jawa Tengah. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
AT6MIRAH SEPTINAWATI.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Ikan kerapu tikus adalah varian kerapu dengan nilai ekonorni tinggi karena memiliki nilai jual yang tinggi sehingga akan meningkatkan penghasilan pembudidaya. Adanya manajemcn pembesaran kerapu tikus yang tepat akan meningkatkan produksi sehingga dapat memenuhi permintaan pasar. Tujuan Praktek Kerja L2,pang ini adalah untuk mengetahui bagaimana manajemen pembesaran kerapu tikus dan faktor-faktor yang mempengaruhi usaha pembesaran ikan kerapu tilats di Balai Besar Pengembangan Budidaya Air Payau (BBPBAP) Jepara yang dilaksanakan pada tanggal 28 Juli sampai 28 Agustus 2005. Metode kerja yang digunakan dalam Praktek Kerja Lapang ini adalah rnetode deskriptif dengan pengumpulan data meliputi data primer dan data sekundec. Pengambilan data dilakukan dengan cara partisipasi aktif, observasi, wawaneara, dan stacli pustaka. Usaha pembesaran kerapu tikus ini dikelola oleh badan usaha milik pemerintah di bawah Departemen Perikanan dan Kelautan. Sumber benih diperoleh dari 17,2tchery yang terdapat pada BOPBAP. Sumber air laut diperoleh dari laut dengan menggunakan pompa air, sedangkan air tawar diperoleh dari sumur bor. Pemberian nakan menggunakan ikan rucah yang dipotong kecil sesuai bukaan mulut ikan sebanyak 90 gram, 2 kali sehari yaitu pagi dan sore. Selama masa perneliharaan ikan tidak ditemukan penyakit yang menyerang. Daerah pemasaran ikan kerapu tikus ukuran konsumsi meliputi kota Semarang, Jakarta, Surabaya, dan konsumen lokal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF600-1100 Veterinary medicine
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan > Ilmu Kedokteran Hewan Dasar
Creators:
CreatorsNIM
ATMIRAH SEPTINAWAT1, -060210045 P
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ContributorSRI SUBEKTI, -0017055202
Depositing User: Agung BK
Date Deposited: 28 Dec 2023 07:17
Last Modified: 28 Dec 2023 07:17
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/128885
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item