PENGARUH WORK-FAMILY BALANCE TERHADAP PSYCHOLOGICAL WELL-BEING PADA MOMPRENEUR DENGAN FAMILY SUPPORT SEBAGAI VARIABEL MODERATOR

Aulia Karerina Setio, A (2024) PENGARUH WORK-FAMILY BALANCE TERHADAP PSYCHOLOGICAL WELL-BEING PADA MOMPRENEUR DENGAN FAMILY SUPPORT SEBAGAI VARIABEL MODERATOR. Artikel Ilmiah thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (article ilmiah)
Jurnal-BRPKM karen.pdf

Download (395kB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini berfokus pada mompreneur, mengelola bisnis mereka sambil menjalankan peran sebagai ibu rumah tangga. Namun, mompreneur menghadapi berbagai tantangan dalam mencapai work-family balance, yaitu seimbangnya waktu dan peran. Work-family balance yang tercapai tentunya akan berdampak pada psychological well-being individu. Di lain sisi, dukungan keluarga, merupakan salah satu kunci dalam mencapai psychological well-being yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh work-family balance terhadap psychological well-being pada mompreneur dengan family support sebagai variabel moderator. Partisipan dalam penelitian ini meliputi 70 mompreneur. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode survei menggunakan instrumen Work Family Balance Scale, Family-to-business support Scale dan Ryff Psychological Well-Being Scale. Data di analisis melalui uji regresi linier dan uji analisis regresi moderator dengan bantuan software Jamovi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa work-family balance berpengaruh positif signifikan pada psychological well-being dan family support terbukti dapat memoderasi pengaruh work-family balance terhadap psychological well-being.

Item Type: Thesis (Artikel Ilmiah)
Uncontrolled Keywords: mompreneur, work-family balance, family support, psychological well-being
Subjects: H Social Sciences
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
Divisions: 11. Fakultas Psikologi > Psikologi Industri dan Organisasi
Creators:
CreatorsNIM
Aulia Karerina Setio, A111911133124
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorReza Lidia Sari, R0017109001
Depositing User: aulia karerina setio
Date Deposited: 16 Jan 2024 06:08
Last Modified: 16 Jan 2024 06:08
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/129238
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item