Diagnosis, Pencegahan dan Pengendalian Chronic Respiratory Disease (CRD) pada Ayam Petelur di "Dahlia Farm" Tapan Kabupaten Tulungagung

Tutik Ulfiah (2002) Diagnosis, Pencegahan dan Pengendalian Chronic Respiratory Disease (CRD) pada Ayam Petelur di "Dahlia Farm" Tapan Kabupaten Tulungagung. Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (FULLTEXT)
KKC KK TA 413 Ulf d.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pada petemakan ayam "Dahlia Farm" tatalaksana pemberian pakan sudah baik, sedangkan fonnula pakan juga sudah memenuhi standart yang dibutuhkan yaitu ± 120-125 gram/ekor/hari. 2. Produksi telur "Dahlia Farm" sangat bag us, sedangkan kelainan telur hanya sedikit ± 2% disebabkan karena kerabang telur yang lembek. 3. Penyakit Chronic Respiratory Disease (CRD) adalah penyakit yang disebabkan oleh Mycoplasma ga/lisepticum. 4. Penyakit Chronic Respiratory Disease (CRD) pada anak ayam dapat menyebabkan kematian yang cukup tinggi kira-kira 4-40% sedangkan pada ayam dewasa jarang terjadi atau sedikit sekali. 5. Usaha pencegahan dan pengendalian Chronic Uespirulory Disease (CRD) pada petemakan "Dahlia Farm" merupakan hal yang penting dan utama dalam suatu manajemen peternakan sebelum penyakit ini mcnyerang maupun menyebar. 6. Metode pencegahan rnelalui vaksinasi kurang efektif, untuk itu perlu penanganan yang intensif dan berkala supaya penyakit tidak menyebar kemana-mana. Saran untuk "Dahlia Farm" yang mempunyai kasus Chronic Respiratory Disease (CRD) maupun petemakan lain yang mempunyai kasus serpa antara lain adalah: 1. Dilakukannya kontrol kesehatan ternak setiap hari 2. Melakukan tindakan pencegahan dan pengendalian sedini mungkin dan memperbaiki sistem manajemen yang lebih sempuma. 3. Mengadakan penambahan tenaga kerja yang ahli dibidangnya serta pengawasan program yang lebih baik .

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKC KK TA 413 Ulf d
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF600-1100 Veterinary medicine > SF910 Other diseases and conditions
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan > Ilmu Peternakan
Creators:
CreatorsNIM
Tutik Ulfiah069910387-K
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRetno Bijanti, MS. DrhUNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 16 Jan 2024 07:49
Last Modified: 16 Jan 2024 07:49
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/129351
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item