Faktor yang Mempengaruhi Penilalain Pasien Rawat Jalan Berdasarkan Teori Segitiga Pelayanan di IRJ RSU Dr H Koesnadi Bondowoso: Penilitian Observasional

Lia Wahyu Utami (2019) Faktor yang Mempengaruhi Penilalain Pasien Rawat Jalan Berdasarkan Teori Segitiga Pelayanan di IRJ RSU Dr H Koesnadi Bondowoso: Penilitian Observasional. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
LIA WAHYU UTAMI_ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LIA WAHYU UTAMI_131711123039_compressed.pdf

Download (16MB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id/

Abstract

Pendahuluan: . Kunjungan pasien di istalansi rawat jalan RSU Dr H Koesnadi selama 3 bulan yaitu bulan Juli, Agustus, dan Septelnber tahun 2018 cenderung mengalami penurunan yaitu sebesar 54,2%. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan penelitian cross-sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien umum yang berobat di Instalansi Rawat Jalan RSU Dr H Koesnadi Bondowoso dan didapatkan sam pel sebesar 100 responden dengan tehnik consecutive sampling. Variabel independent dalam penelitian ini meliputi karakteristik pasien rawat j alan yang berkunjung di istalansi rawatjalan. Sedangkan variabel dependent di dalam penelitian ini adalab penilaian pasien terhadap faktor provider yang meliputi petugas (attitude, knowledge, dan practice), sarana dan prasarana, tarif,dan alur pendaftaran berdasarkan penilaian segitiga pelayanan. Hasil: hasil menunjukan bahwa penilaian antara strategi, sistem dan sUlnber daya manusia atas penilaian faktor provider yang meliputi tarif, petugas, alur pendaftaran, dan sarana dan prasarana. Dari segi petugas, tarif, alur pendaftaran mendapatkan penilaian baik sebanyak >75%. Sedangkan di sarana dan prasarana penilaian baik >75% terdapat di ruang tunggu, sedangkan di ruang rawat jalan dan periksa penilaian tidak baik mencapai 54% dan 61 %. Kesimpulan: dari data yang didapatkan penurunan kunjungan pasien di IRJ RSU Dr H Koesnadi Bondowoso kurangnya perbaikan sarana dan prasarana dan perlunya penambahan fasilitas seperti radiologi, laborat, dan lain lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kunjungan, sarana dan prasarana, penilaian
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA428-428.5 Public health laboratories, institutes, etc.
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan > Pendidikan Ners
Creators:
CreatorsNIM
Lia Wahyu Utami131711123039
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorPurwaningsih, S.Kp,. M.KesUNSPECIFIED
Thesis advisorLailatun Ni'mah, S.Kep.Ns., M.KepUNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 21 Feb 2024 03:18
Last Modified: 21 Feb 2024 03:18
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/130095
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item