PENGARUH CAIRAN lSI RUMEN SEBAGAI FERMENTATOR DAN LAMA INKUBASI TERHADAP KUALITAS DEDAK PADI

Anna Juliani Rahardjo, - (2024) PENGARUH CAIRAN lSI RUMEN SEBAGAI FERMENTATOR DAN LAMA INKUBASI TERHADAP KUALITAS DEDAK PADI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
PENGARUH CAlRAN lSI RUMEN -ANNA JULIAN I RAHARDJO.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui adanya interaksi antara konsentrasi cairan isi rumen (CIR) dan lama inkubasi terbadap kandungan protein dan serat kasar dedak padi yang difennentasi dengan CIR. Penelitian ini terdiri dati 2 tahap, taMp I adalah pengukuran pH dan pengamatan organoleptis tiap unit perlakuan wrtuk mengetahui kisaran lama inkubasi terbaik yang akan diglmakan dalam tahap II. Penelitian tabap II adalah ana1isis proksimat protein dan serat kasar terbadap tiap unit perIakuan.Bahan pene1itian adalah dedak padi yang dikuIrus selama IS mcnit kem.udian didinginkan dan diberi urea 3% dan molases 2% dati bahan kering dedak padi. Pada pene1itian tabap I perlakuan fennentasi meliputi konsenttasi CIR 20%, 40%, dan 60% dati bahan kering dedak padi, sedangkan lama inkubasi dilakukan selama 3-7 hari. Pada pene1itian taMp II perIakuan meliputi Iconsentrasi CIR 0%, 200/0, 40"/0, dan 60% dati bahan kering dedak padi, dengan lama inkubasi selama 4-{j hari (basil dati penelitian tabap I), tiap Icombinasi per1akuan terdiri dati 3 n!angan. Analisis data menggunakan Rancangan Acak Lengkap pola fuktorial yang dilanjutkan dengan uji Beda Nyata Jujur 5% bila terdapat beda nyata. Dari penelitian ini, diketahui adanya interaksi antara konsentrasi CIR dengan lama inkubasi terbadap kandungan protein kasar dedak padi yang difermentasi dengan CIR tetapi kandungan serat kasar dedak padi yang difennentasi dengan CIR banya dipengaruhi oleh fuktor lama inlcubasi. Peningkatan kadar protein kasar terbaik diperoleh pada perlakuan lama inkubasi 6 hari dan Iconsentrasi CIR 60% yang tidaIc berbeda nyata dengan lama inkubasi 6 hari dan konsentrasi CIR 00/0, juga lama inkubasi 5 hari dan konsentrasi CIR 6O"/0,sedangkan penurunan lcadar serat kasar terbaik diperoleh pada pedakuan lama inkubasi 6 hari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF600-1100 Veterinary medicine > Including veterinary genetics, ethology, anatomy, physiology, embryology, pathology
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan > Ilmu Kedokteran Hewan Dasar
Creators:
CreatorsNIM
Anna Juliani Rahardjo, -NIM069712392
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
UNSPECIFIEDKusriningrum, -NIDN-
UNSPECIFIEDSri Mumpuni, -NIDN-
Depositing User: Dewi Puspita
Date Deposited: 21 Feb 2024 03:49
Last Modified: 21 Feb 2024 03:49
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/130097
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item