Penerapan Standar Baku Mutu Kesehatan Lingkungan (SBMKL) PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk Unit Gedangan

Arifatur Rokhma, - (2022) Penerapan Standar Baku Mutu Kesehatan Lingkungan (SBMKL) PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk Unit Gedangan. Laporan Magang thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (LAPORAN MAGANG)
1. ARIFATUR ROKHMA.pdf

Download (7MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Berdasarkan data statistik Provinsi Jawa Timur tahun 2020, terdapat 5.024 perusahaan industri manufaktur skala menengah besar yang masih aktif di Jawa Timur, dengan jumlah terbanyak terdapat di Kabupaten/Kota Sidoarjo yakni sebanyak 1.041 perusahaan industri besar dan sedang (BPS Provinsi Jawa Timur, 2020). PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk Unit Gedangan atau JCI Gedangan merupakan salah satu industri skala besar yang berada di Kecamatan Gedangan yang peduli terhadap upaya pengelolaan dan pemantauan lingkungan hidup dengan melakukan kajian lingkungan yang tertuang dalam dokumen Upaya Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Upaya Pemantauan Lingkungan Hidup (UKL-UPL). Sejalan dengan hal tersebut, PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk Unit Gedangan melakukan uji lingkungan kerja berkala untuk meninjau parameter media lingkungan apakah telah sesuai standar baku mutu yang telah ditetapkan. Dalam Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 70 Tahun 2016, Standar Baku Mutu Kesehatan Lingkungan (SBMKL) merupakan konsentrasi/kadar dari setiap parameter media lingkungan yang ditetapkan dalam rangka perlindungan kesehatan pekerja sesuai satuannya berupa angka minimal yang diperlukan, atau maksimal atau kisaran yang diperbolehkan, bergantung pada karakteristik parameter. Media lingkungan yang dimaksud meliputi media air, udara, tanah, pangan, sarana dan bangunan, serta vektor dan binatang pembawa penyakit. Teori H.L. Blum menyebutkan bahwa derajat kesehatan ditentukan oleh 40% faktor lingkungan, 30% faktor perilaku, 20% faktor pelayanan kesehatan, dan 10% faktor genetika (Menkes, 2019). Dengan kata lain, faktor lingkungan dalam menjaga kebersihan lingkungan dan sanitasi menjadi faktor penentu tertinggi dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat maupun pekerja.

Item Type: Thesis (Laporan Magang)
Additional Information: -
Uncontrolled Keywords: Standar Baku Mutu Kesehatan Lingkungan (SBMKL)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > PKL
Creators:
CreatorsNIM
Arifatur Rokhma, -NIM101911133096
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAditya Sukma Pawitra, -NIDN0009048802
Thesis advisorWahyudi Sugiarto Rachman, -NIDN-
Depositing User: sugiati
Date Deposited: 28 Feb 2024 04:39
Last Modified: 28 Feb 2024 04:39
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/130559
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item