LAPORAN PELAKSANAAN MAGANG DI PT. INDONESIA POWER UPJP PERAK-GRATI 1 Maret — 30 April GAMBARAN PENERAPAN MANAJEMEN ALAT PELINDUNG DIRI (APD) PT. INDONESIA POWER UNIT PEMBANGKITAN DAN JASA PEMBANGKITAN PERAK – GRATI

NAOMI CIMERA, - (2019) LAPORAN PELAKSANAAN MAGANG DI PT. INDONESIA POWER UPJP PERAK-GRATI 1 Maret — 30 April GAMBARAN PENERAPAN MANAJEMEN ALAT PELINDUNG DIRI (APD) PT. INDONESIA POWER UNIT PEMBANGKITAN DAN JASA PEMBANGKITAN PERAK – GRATI. Laporan Magang thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
LAPORAN PKL_NAOMI CIMERA_101511133002_K3 FKM_UNAIR.pdf

Download (7MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan, wawancara dan pembahasan tentang gambaran penerapan manajemen alat pelindung diri PT. Indonesia Power UPJP Perak-Grati dapat disimpulkan bahwa: 1. PT. Indonesia Power UPJP Perak-Grati adalah anak perusahaan PT. PLN (Persero) dibidang pembangkitan listrik bertenaga gas dan uap dengan kapasitas terpasang ±1500 MW menggunakan bahan bakar gas dan HSD dengan menggunakan sistem produksi combined cycle dan open cycle yang berlokasikan di Jalan Raya Surabaya-Probolinggo KM. 73 Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. 2. PT. Indonesia Power UPJP Perak-Grati memiliki bidang Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dan Lingkungan yang dipimpin oleh Supervisor Senior dan di bawah Manajer Operasi dengan beberapa jabatan di dalamnya yaitu AMU K3, AMU Lingkungan, dan pelaksana K3L. 3. PT. Indonesia Power UPJP Perak-Grati telah melakukan identifikasi bahaya potensial yang ada di tempat kerja namun pengendalian yang terkait dengan penggunaan APD belum disebutkan jenis APD secara spesifik. 4. Pemilihan dan penyediaan oleh bidang K3L PT. Indonesia Power UPJP Perak-Grati hanya APD standar yang secara umum dipakai oleh pekerja meliputi helm safety, sepatu safety, baju kerja, masker, earplug/muff, body harness, jas hujan, kaca mata. Sedangkan untuk APD yang lebih spesifik penyediaan dilakukan oleh masing-masing bidang. 5. PT. Indonesia Power UPJP Perak-Grati belum melakukan kegiatan pelatihan APD secara khusus namun sudah pernah dilakukan sosialisasi tentang APD di tahun 2017. 6. Penggunaan, perawatan dan penyimpanan APD di PT. Indonesia Power UPJP Perak-Grati diserahkan oleh masing-masing individu pekerja. 7. Pembuangan APD yang telah rusak dilakukan dengan pelimbahan kepada pihak gudang dan PT. Indonesia Power UPJP Perak-Grati belum pernah melakukan pemusnahan APD. 8. Pembinaan APD di PT. Indonesia Power UPJP Perak-Grati dilakukan dengan pemasangan rambu APD, poster, video kampanye kreatif, dan himbauan dari supervisor. 9. Inspeksi khusus APD di PT. Indonesia Power UPJP Perak-Grati belum dilakukan secara khusus dan masih menjadi satu dengan patrol check K3, namun kegiatan patrol sheck belum memiliki form checklist khusus untuk APD. 10. Belum terdapat sistem evaluasi secara khusus terkait manajemen APD dan pelaporan yang dilakukan hanya terkait APD yang rusak.

Item Type: Thesis (Laporan Magang)
Uncontrolled Keywords: WORK SAFETY
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA428-428.5 Public health laboratories, institutes, etc.
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > S1 Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
NAOMI CIMERA, -NIM101511133002
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
UNSPECIFIEDMulyono, -NIDN0019095503
Depositing User: Dewi Puspita
Date Deposited: 01 Mar 2024 01:58
Last Modified: 01 Mar 2024 01:58
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/130618
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item