Pengaruh Penggunaan Anestesi Ekstrak AkarTuba (Derris elliptica) Dengan Dosis Berbeda Dalam Sistem Transportasi Ikan Mas (Cyprinus carpio L.)

Crisyadi Ganda Gamalael, - (2006) Pengaruh Penggunaan Anestesi Ekstrak AkarTuba (Derris elliptica) Dengan Dosis Berbeda Dalam Sistem Transportasi Ikan Mas (Cyprinus carpio L.). Laporan Magang thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
PENGARUH PENGGUNAAN ANESTESI EKSTRAK AKAR TUBA CRISYADI GANDA GAMALAEL.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Ikan mas bernilai ekonomis cukup penting bagi masyarakat Indonesia sebagai ikan bias maupun ikan konsumsi. Penanganan ikan mas agar sampai ke konsumen dalam keadaan hidup penting dilakukan. Pada penanganan ikan hidup dibutuhkan distribusi yang baik agar sampai ke konsumen dalam keadaan hidup. Transportasi ikan mas dengan menggunakan anestesi dimaksudkan untuk memperpanjang waktu transportasi dan mengurangi resiko ikan mengalami stress yang dapat mengakibatkan kematian pada ikan. Anestesi menggunakan bahan alami dari ekstrak akar tuba untuk menghindari adanya residu dari bahan yang digunakan sebagai anestesi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan ekstrak akar tuba dengan dosis berbeda dalam sistem transportasi terhadap tingkat kelulushidupan ikan mas, lama pingsan dan waktu pulih sadar. Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Pendidikan Perikanan Universitas Airlangga pada tanggal2 -17 Februari 2006. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimental menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan lima perlakuan dan empat ulangan. Perlakuan yang digunakan aualah dosis ekstrak akar tuba yang diberikan pada air media transportasi, yaitu 0 ppm, 0,02 ppm, 0,03 ppm, 0,04 ppm dan 0,05 ppm. Analisis data menggunakan sidik ragam yang dilanjutkan dengan uji jarak berganda Duncan dan regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dosis ekstrak akar tuba sebesar 0,02 ppm merupakan dosis yang efektif dan aman karena menghasilkan tingkat kelulushidupan sebesar 1 00%, lama pingsan 650 menit dan waktu pulih sadar 3 menit. Kualitas air media transportasi pada awal dan akhir penelitian adalah suhu 26-28°C, pH 6,4-7,8 dan oksigen terlarut 3,6-5,9 ppm.

Item Type: Thesis (Laporan Magang)
Uncontrolled Keywords: Anestesi Ekstrak AkarTuba (Derris elliptica), Dosis Berbeda, Sistem Transportasi Ikan Mas (Cyprinus carpio L.)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF600-1100 Veterinary medicine
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan > Ilmu Kedokteran Hewan Dasar
Creators:
CreatorsNIM
Crisyadi Ganda Gamalael, -NIM 060110034P
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ContributorAkhmad Taufiq Mukti, -NIDN 0008037404
ContributorSetyawati Sigit, --
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 01 Mar 2024 07:17
Last Modified: 01 Mar 2024 07:17
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/130688
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item