Kejadian Mastitis pada Sapi Perah di ATM -ROC Singosari Ditinjau Dari Produksi Susu

Sulistyawati, - (2002) Kejadian Mastitis pada Sapi Perah di ATM -ROC Singosari Ditinjau Dari Produksi Susu. Tugas Akhir D3 thesis, UNSPECIFIED.

[img] Text (TUGAS AKHIR)
KEJADIAN MASTITIS PADA SAPI PERAH20240130_15014853.pdf
Restricted to Registered users only

Download (900kB)

Abstract

Mastitis merupakan reaksi radang pada kelenjar kambing yang sering meryerang pada sapi perah. Akibat yang ditimbulkan dari penyakit ini sangat besar karena sapi yang terkena masitis akan mengalami penurunan produksi susu baik kualilas maupun kuantitas. masitis dapat disebabkan oleh mikro organisme patogen yang kejadian penyakit ini juga oleh beberapa faktor antara lain: faktor hewall, lingkungan dan pakan. Penularan dapat terjadi melalui tangan pcmerah dan kontak langsung. berdasarkan dari hasil uji mastitis dcngan menggunakan IPB I, sapi perah di ATM-ROC Singosari positif tcrinfd.si mastitis subklinis, mengingat kerugian yang ditimbulkan sangat besar, mab pengendalian penyakit seeara dini perlu dilakukan . Mengingat kerugian yang ditimbulkan terhadap produksi susu sangat besar, maka pengendalian mastitis secara dini perlu dilakukan Salah satu pengendahan yang perlu dilakukan untuk menccgah maslitis aJalah dengan menjaga kebcrsihan kandang, kebersihan hewan, sanitasi lingkungan dan cara pemerahan yang benar termasuk menjaga kebersihan tangan pcmerah pada saat melakukan pemerahan. Pencelupan dengan menggunakan antiseptik (dipping) setelah pemerahan dan pengobatan masa kering cukup cfekti f untuk mencegah mastitis.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF600-1100 Veterinary medicine
S Agriculture > SF Animal culture > SF600-1100 Veterinary medicine > Including veterinary genetics, ethology, anatomy, physiology, embryology, pathology
Creators:
CreatorsNIM
Sulistyawati, -069910343K
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ContributorHusni Anwar, -NIDN-
Depositing User: Dwi Prihastuti
Date Deposited: 04 Mar 2024 08:42
Last Modified: 04 Mar 2024 08:43
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/130886
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item