Viga Sakinah Ramadhanti, -
(2021)
Pelayanan Kesehatan Di Klinik Pratama Pusat Layanan Kesehatan Universitas Airlangga Pada Era Pandemi Covid-19.
Laporan Magang thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text
Laporan Magang_Viga Sakinah R_101711133132_PLK UNAIR.docx.pdf
Download (1MB)
|
Abstract
Klinik adalah fasilitas pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan perorangan yang menyediakan pelayanan medis dasar dan atau spesialistik, diselenggarakan oleh lebih dari satu jenis tenaga kesehatan dan dipimpin oleh seorang tenaga medis. Berdasarkan jenis pelayanannya, klinik dibagi menjadi Klinik Pratama dan Klinik Utama. Klinik Pratama merupakan klinik yang menyelenggarakan pelayanan medik dasar. Salah satu klinik yang ada di Kota Surabaya yaitu Klinik milik Universitas Airlangga yang disebut dengan Pusat Layanan Kesehatan Universitas Airlangga. Pada situasi pandemi COVID-19 seperti sekarang ini muncul akibat dari adanya virus corona yang menyebabkan orang mengalami penyakit COVID-19. Kondisi pandemi saat ini membuat banyak perubahan di kehidupan di kalangan masyarakat di seluruh dunia termasuk Indonesia. Situasi pandemi seperti ini mengakibatkan banyak sekali perubahan termasuk juga perubahan pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan. Klinik sebagai salah satu fasilitas kesehatan juga pasti mengalami perubahan pelayanan kesehatan kepada pasien dengan mengikuti beberapa kebijakan sesuai keputusan pemerintah untuk pemutusan penyebaran COVID-19 dan perubahan pelayanan kesehatan terhadap pasien yang berkunjung. Pusat Layanan Kesehatan Universitas Airlangga sebagai salah satu klinik pratama juga pasti melakukan beberapa perubahan untuk ikut berpartisipasi memutus penyebaran COVID-19 terutama di lingkungan Pusat Layanan Kesehatan Universitas Airlangga dengan mengikuti kebijakan dari pemerintah. Berdasarkan penjelasan tersebut kegiatan magang ini dilakukan untuk melihat gambaran pelayanan kesehatan Pada Era Pandemi COVID-19 di Pusat Layanan Kesehatan Universitas Airlangga sesuai dengan kebijakan dari Direktorat Pelayanan Kesehatan Primer dan Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan yaitu pedoman Buku Petunjuk Teknis Pelayanan Kesehatan Di Klinik Pada Masa Adaptasi Kebiasaan Baru.
Actions (login required)
|
View Item |