Pemantauan Dan Evaluasi Operasional Instalasi Pengolahan Air Limbah Di Puskesmas Kota Surabaya

Marshanda Rimadita Nugrahani, - (2023) Pemantauan Dan Evaluasi Operasional Instalasi Pengolahan Air Limbah Di Puskesmas Kota Surabaya. Laporan Magang thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (LAPORAN MAGANG)
26. Marshanda Rimadita Nugrahani.pdf

Download (950kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pada pelaksanaan magang MBKM di Bidang Penataan dan Pengawasan Lingkungan Hidup, penulis mengambil fokus pada kegiatan Pengawasan dan Pemantauan IPAL Puskesmas yang telah terjadwal pada bulan Oktober hingga Desember Tahun 2023 di Kota Surabaya. Adapun sebanyak 55 Puskesmas di Kota Surabaya telah melaksanakan pemantauan terhadap IPAL milik Puskesmas tersebut dimana terdapat 18 IPAL Puskesmas yang telah dilaksanakan pemantauan pada bulan Agustus, 17 IPAL Puskesmas pada bulan September, 18 IPAL Puskesmas pada bulan Oktober, dan sebanyak 2 IPAL Puskesmas yang telah dilaksanakan pemantauan pada bulan November tahun 2023. Outcome learning yang dicapai per mata kuliah semua telah memenuhi yakni diantaranya mata kuliah pengelolaan lingkungan hidup yang membahas mengenai proklim dan amdal UKL-UPL, lalu untuk mata kuliah sanitasi lingkungan membahas mengenai pengelolaan sampah rumah tangga, dan untuk mata kuliah aspek kesehatan lingkungan dalam penanganan bencana membahas tentang upaya program 1000 jamban, untuk mata kuliah toksikologi lingkungan membahas tentang polutan air limbah yang ada di Puskesmas,untuk mata kuliah pengelolaan resiko kesehatan lingkungan yakni membahas tentang kada polutan udara ambien jika melebihi baku mutu, untuk mata kuliah gizi produktivitas membahas tentang gizi di institusi yang ada di DLH, mata kuliah ketahanan pangan membahas tentang kompos yang berfungsi untuk upaya peningkatan produktivitas gizi.

Item Type: Thesis (Laporan Magang)
Additional Information: -
Uncontrolled Keywords: Instalasi Pengolahan Air Limbah; Puskesmas Kota Surabaya
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA565-600 Environmental health
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Lingkungan
Creators:
CreatorsNIM
Marshanda Rimadita Nugrahani, -NIM102011133223
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSudarmaji, -NIDN0010127206
Thesis advisorAnies Wijayanti, -NIDN-
Depositing User: sugiati
Date Deposited: 05 Mar 2024 06:52
Last Modified: 05 Mar 2024 06:52
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/130967
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item