Analisis Kualitas Air Untuk Keperluan Higiene Dan Sanitasi Di Wilayah Kerja Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas 1 Surabaya Wilayah Kerja Tanjung Perak Periode 13 Januari – 14 Februari 2020

Nadya Safitri Putri, - (2020) Analisis Kualitas Air Untuk Keperluan Higiene Dan Sanitasi Di Wilayah Kerja Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas 1 Surabaya Wilayah Kerja Tanjung Perak Periode 13 Januari – 14 Februari 2020. Laporan Magang thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
Laporan Magang Nadya Safitri.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Perkembangan teknologi alat angkut yang semakin cepat membuat jarak antar negara seolah semakin dekat karena waktu tempuh yang semakin singkat, sehingga mobilitas orang dan barang semakin cepat melebihi masa inkubasi penyakit menular. Kondisi tersebut berpengaruh terhadap risiko penularan penyakit secara gobal. Pelabuhan merupakan salah satu aset penting suatu daerah yang berfungsi sebagai tempat berlabuhnya kapal sekaligus sebagai tempat untuk melakukan kegiatan bongkar muat barang, kebutuhan masyarakat dan industry serta sebagai tempat pelayanan penyeberangan penumpang baik domestik maupun internasional. Kapal bisa dikatakan sebagai sebuah transportasi penyebaran penyakit dan merupakan ancaman global terhadap kesehatan masyarakat karena adanya penyakit karantina, penyakit menular baru, maupun penyakit menular lama yang timbul kembali (Zulfikar, 2012). Kapal yang sandar di pelabuhan harus terbebas dari faktor risiko lingkungan dengan cara mempertahankan kondisi kesehatan kapal sehingga tidak dijadikan tempat berkembang penyakit dan vector penular penyakit. Mobilitas yang tinggi sebuah kapal dari suatu daerah ke daerah lain ataupun dari suatu negara ke negara lain menyebabkan kapal dapat menjadi sarana perpindahan vektor. Pelabuhan juga dapat berperan sebagai pintu gerbang penyakit dari suatu daerah ke daerah lain. Sanitasi menurut World Health Organization (WHO) adalah suatu usaha yang mengawasi beberapa faktor lingkungan fisik yang berpengaruh kepada manusia terutama terhadap hal yang mempengaruhi efek, merusak perkembangan fisik, kesehatan, dan kelangsungan hidup. Sanitasi kapal adalah segala usaha yang ditujukan terhadap faktor lingkungan di dalam kapal untuk memutuskan mata rantai penularan penyakit guna menjaga derajat kesehatan. Sanitasi kapal merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam mendukung pengawasan kesehatan khususnya anak buah kapal di dalamnya maupun masyarakat pada umumnya (World Health Organization [WHO], 2007). Kondisi sanitasi kapal yang baik akan menurunkan risiko gangguan kesehatan dan sebaliknya kondisi sanitasi kapal yang buruk akan mempertinggi risiko gangguan kesehatan pada anak buah kapal.

Item Type: Thesis (Laporan Magang)
Uncontrolled Keywords: Laporan Pelaksanaan Magang, Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas 1 Surabaya Wilayah Kerja Tanjung Perak, Analisis Kualitas Air Untuk Keperluan Higiene Dan Sanitasi, Wilayah Kerja Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas 1 Surabaya, Wilayah Kerja Tanjung Perak, Periode 13 Januari – 14 Februari 2020
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA428-428.5 Public health laboratories, institutes, etc.
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Magister Kesehatan Lingkungan
Creators:
CreatorsNIM
Nadya Safitri Putri, -NIM 101611133102
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ContributorKhuliyah Candraning Diyanah, -NIDN 0010118601
ContributorMas Adhi Hardian Utama, --
Depositing User: Novita
Date Deposited: 06 Mar 2024 01:00
Last Modified: 06 Mar 2024 01:00
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/131010
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item