PENGARUH PEMBERIAN MERKURI KLORIDA (HgCI2) DENGAN INTERVAL PEMBERIAN YANG BERBEDA TERHADAP GAMBARAN HISTOPATOLOGI GINJAL MENCIT (Mus musculus)

Nurdita Dwi Handayani, - (2024) PENGARUH PEMBERIAN MERKURI KLORIDA (HgCI2) DENGAN INTERVAL PEMBERIAN YANG BERBEDA TERHADAP GAMBARAN HISTOPATOLOGI GINJAL MENCIT (Mus musculus). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
PENGARUH PEMBERIAN MERKURI KLORIDA (HgCI2) DENGAN INTERVAL PEMBERIAN YANG BERBEDA - NURDITA DWI HANDAVANI - ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
PENGARUH PEMBERIAN MERKURI KLORIDA (HgCI2) DENGAN INTERVAL PEMBERIAN YANG BERBEDA - NURDITA DWI HANDAVANI.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian Merkuri Klorida (HgCIz) dengan dosis yang terkandung dalam kupang beras (Corbu/a Jaba) asal Pantai Kenjeran Surabaya dengan interval pemberian yang berbeda terhadap gambaran histopatologi ginjal mencit. Dalam penelitian ini digunakan 24 ekor mencitjantan strain CBR berumur kurang lebih tiga bulan sebagai hewan percobaan yang dibagi secara acak menjadi empat kelompok perlakuan masing-masing perlakuan terdiri dari enam ulangan. Adapaun keempat kelompok perlakuan tersebut adalah sebagai berikut: kelompok kontrol atau PO (tanpa diberi perlakuan merkuri), kelompok perlakuan pertama atau PI (pemberian merkuri satu hari sekali), kelompok perlakuan kedua atau P2 (pemberian merkuri dua hari sekali), kelompok perlakuan ketiga atau P3 (pemberian merkuri tiga hari sekali). Pemberian perlakuan merkuri dilakuan secara per oral selama 52 hari. Rancangan penelitian yang digunakan untuk gambaran histopatologi ginjal adalah uji statistika non parametrik Kruskal Wallis, apabila menunjukkan perbedaan yang nyata maka dilanjutkan dengan uji Z dengan taraf signifikan 5%. Hasil penelitian ini didapatkan bahwa pemberian ketiga perlakuan menunj ukkan perbedaan yang sangat nyata terhadap pembahan gambaran histopatologi ginjal. Kemudian dari uji Z diperoleh hasil bahwa antara perlakuan terdapat perbedaan yang nyata, dimana perlakuan I menyebabkan perubahan gambaran histopatologi yang tertinggi yang berbeda tidak nyata dengan perlakuan II, tetapi berbeda nyata dengan kelompok perlakuan III dan kelompok kontrol.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: CORBULA JABA
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF600-1100 Veterinary medicine > Including veterinary genetics, ethology, anatomy, physiology, embryology, pathology
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan > Ilmu Kedokteran Hewan Dasar
Creators:
CreatorsNIM
Nurdita Dwi Handayani, -NlM069712430
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
UNSPECIFIEDSARMANU, -NIDN0007045203
Depositing User: Dewi Puspita
Date Deposited: 06 Mar 2024 02:32
Last Modified: 06 Mar 2024 02:32
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/131027
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item