Gambaran Proses Pelaksanaan Pendidikan Dan Pelatihan Bagi Karyawan Di Rumah Sakit Mata Undaan Surabaya

Salsabila, - (2021) Gambaran Proses Pelaksanaan Pendidikan Dan Pelatihan Bagi Karyawan Di Rumah Sakit Mata Undaan Surabaya. Laporan Magang thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
LAPORAN MAGANG RSMU_SALSABILA_101711133026.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Rumah sakit merupakan suatu organisasi kompleks yang menjalankan aktifitas pelayanan kesehatan paripurna, padat karya, padat modal, dan padat teknologi. Menurut Undang-Undang Nomor 44 Tahun 2009, rumah sakit adalah institusi pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan perorangan secara paripurna. Pelayanan kesehatan paripurna meliputi pelayanan kesehatan yang terdiri dari upaya promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitative. Disamping itu, rumah sakit juga merupakan institusi pelayanan kesehatan yang sekaligus berperan sebagai penyedia pelayanan rawat inap, rawat jalan, dan gawat darurat. Rumah sakit dapat dibedakan menjadi Rumah Sakit Umum dan dan Rumah Sakit Khusus berdasarkan jenis pelayanannya. Adapun Rumah Sakit yang dapat ditetapkan sebagai Rumah Sakit pendidikan apabila telah memenuhi persyaratan dan standar tertentu. Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 129 Tahun 2008 tentang Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit, setiap rumah sakit dituntut untuk mampu memberikan pelayanan kesehatan bermutu sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. Dalam mewujudkan pelayanan kesehatan yang berkualitas dan bermutu tinggi maka diperlukan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas baik. Maka dari itu dibutuhkan aktivitas manajemen sumber daya manusia yang baik mulai dari rekrutmen dan seleksi hingga pemantauan dan evaluasi kinerja petugas kesehatan. Rumah sakit juga berkewajiban untuk mempertahankan dan mengembangkan kualitas sumber daya manusia (SDM) dan petugas kesehatan melalui pelaksanaan pendidikan dan pelatihan. Sebagaimana tertuang dalam Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2018 tentang kewajiban rumah sakit untuk menjamin hak petugas kesehatan yang bekerja di rumah sakit.

Item Type: Thesis (Laporan Magang)
Uncontrolled Keywords: Laporan Pelaksanaan Magang, Proses Pelaksanaan Pendidikan Dan Pelatihan, Karyawan Di Rumah Sakit Mata Undaan Surabaya
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA428-428.5 Public health laboratories, institutes, etc.
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Administrasi Kebijakan Kesehatan
Creators:
CreatorsNIM
Salsabila, -NIM 101711133026
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ContributorSetya Haksama, -NIDN 0014096503
ContributorDewi Purwantiningsih, --
Depositing User: Novita
Date Deposited: 06 Mar 2024 03:24
Last Modified: 06 Mar 2024 03:24
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/131043
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item