Pengaruh Kastrasi pada Ayam Kampung Jantan Terhadap pertambahan berat badan dan Persentase Karkas Dua Bulan Post Operasi

Eksi Dyah Yuliarti (2024) Pengaruh Kastrasi pada Ayam Kampung Jantan Terhadap pertambahan berat badan dan Persentase Karkas Dua Bulan Post Operasi. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text
abstrak eksi dyah.pdf

Download (613kB)
[img] Text
eksi diyah.pdf

Download (10MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

PeneIitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kastrasi ayam kampung j antan terhadap pertambahan berat badan dan persentase karkas dua bulan setelah operasi. Setiap kelompok diuji untuk melihat perbedaan antar kelompok. Sebanyak 14 ekor ayam kampung jantan umur kurang lebih 4 bulan di bagi secara acak menjadi 2 kelompok yaitu 1 kelompok perlakuan dan lainnya kelompok kontrol. Setiap kelompok terdiri dari 7 ekor ayam kampung jantan. Pada kelompok perlakuan dilakukan kastrasi sedangkan pada kelompok control tidak diberikan perlakuan kastrasi. Setiap minggu dilakukan penimbangan berat badan selama dua bulan. Data yang diperoleh dianalisis dengan metode Rancangan Acak Lengkap (RAL) kemudian dilanjutkan dengan uji t tidak berpasangan. Hasil menunjukkan terdapat perbedaan yang sangat nyata antara ayam kampung jantan yang dikastrasi dengan yang tidak dikastrasi terhadap pertambahan berat badan. Sedangkan pada persentase karkas ayam kampong jantan setelah dikastrasi tidak terdapat perbedaan yang nyata dengan ayam kampungjantan yang tidak dikastrasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: ayam
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan > Ilmu Kedokteran Hewan Dasar
Creators:
CreatorsNIM
Eksi Dyah YuliartiNIM069812525
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
UNSPECIFIEDRudy Sukamto-
UNSPECIFIEDAjik Azmijah-
Depositing User: Turwulandari
Date Deposited: 06 Mar 2024 05:24
Last Modified: 06 Mar 2024 05:24
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/131088
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item