PENGARUH BERBAGAI BAHAN PENGENCER DALAM PROSES PEMBEKUAN TERHADAP DAY A HIDUP SPERMATOZOA DOMBA

RURY TRIANASARI, - (2024) PENGARUH BERBAGAI BAHAN PENGENCER DALAM PROSES PEMBEKUAN TERHADAP DAY A HIDUP SPERMATOZOA DOMBA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
PENGARUH BERBAGAI BAHAN PENGENCER DALAM -RURY TRIANASARI - ABSTRAK.pdf

Download (613kB)
[img] Text
PENGARUH BERBAGAI BAHAN PENGENCER DALAM -RURY TRIANASARI.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bahan pengencer kuning telur sitrat, air susu masak dan kombinasi antara kuning telur sitrat dengan air susu masak dalam proses pembekuan terhadap daya hidup spermatozoa domba. Hewan percobaan terdiri dari satu ekor domba jantan yang telah dewasa kelamin, kemudian diambil air maninya. Air mani yang diperoleh ditampung dalam vagina buatan, kemudian dilakukan pemeriksaan kualitas dan kuantitas meliputi pemeriksaan makroskopis dan mikroskopis. Air mani yang memenuhi syarat untuk pengenceran, kemudian dibagi dalam tiga kelompok. Kelompok pertama diencerkan dengan pengencer kuning telur sitrat, kelompok kedua dengan pengencer air susu masak, kelompok ketiga dengan pengencer kombinasi antara kuning telur sitrat dengan air susu masak. Selanjutnya dilakukan pemeriksaan persentase sel spermatozoa hidup dan motilitasnya. Proses selanjutnya dengan melakukan pembekuan pada air mani yang telah diencerkan tentu saja dengan serangkaian tahap-tahap tertentu. Selanjutnya air mani dibekukan dengan menggunakan tipe pellet, lalu dilakukan tha\\;ng dan diperiksa persentase spermatozoa hidup dan motilitasnya. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji F dan bila terdapat perbedaan yang nyata (p<0,0 I) dilanjutkan dengan uji BNT 5%. Rancangan yang digunakall dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL). Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan yang nyata pada ketiga perlakuall ( p< 0,01) terhadap persentase motilitas spermatozoa domba sebelum dibekukan dan terdapat perbedaan yang sangat nvata pada ketiga perlakuan (p<0,0 I) terhadap persentase motilitas spennatozoa setelah dibekukan. Pada persentase spennatozoa hidup terdapat perbedaan yang sangat nyata (p<O,OI) pada keadaan sebelum dan setelah dlbekukan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: SPERMATOZOA
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF600-1100 Veterinary medicine > Including veterinary genetics, ethology, anatomy, physiology, embryology, pathology
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan > Ilmu Kedokteran Hewan Dasar
Creators:
CreatorsNIM
RURY TRIANASARI, -NIM069612266
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
UNSPECIFIEDTatik Hemawati, -NIDN0029086005
UNSPECIFIEDAjik Azmiah, -NIDN-
Depositing User: Dewi Puspita
Date Deposited: 08 Mar 2024 07:47
Last Modified: 08 Mar 2024 07:47
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/131270
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item