Aria Aulia Nastiti, -
(2024)
STUDI KOMPARASI KEMANDIRIAN ANAK PRASEKO'LAH YANG DITITIPKAN DI TEMPAT PENITIPAN ANAK DAN DIASUH PEMBANTU YANG IBUNYA BEKERJA.
Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Abstract
Berdasarkan pembahasan pada bab sebelurnnya, maka dapat ditarik simpulan penelitian perbedaan kemandirian anak prasekolah yang dititipkan di TP A dan diasuh pembantu yang ibunya bekerja. 1. Tingkat kemandirian anak-anak yang dititipkan di TPA mayoritas sudah mandiri dalam aspek fisik maupu psikologis. Program pembelajaran dan kegiatan-kegiatan di TP A menstimulasi kemandirian anak prasekolah terutama dalam aspek fisik yaitu memenuhi kebutuhan ADL, dan aspek psikologis yaitu rasa percaya diri, tanggung jawab menjaga lingkungan. 2. Tingkat kemandirian anak-anak yang diasuh pembantu sebagian besar kurang mandiri dalam aspek fisik seperti memenuhi kebtuhan ADL. Pembantu di rumah cenderung melayani dan memenuhi semua kebutuhan sehingga anak tidak berusaha untuk mandiri. Kemandirian dapat dilatih melalui kerjasama antara pembantu dengan orang tua dalam melatih anak untuk mandiri di rumah. 3. Anak-anak yang dititipkan di TPA lebih mandiri dibandingkan anak-anak yang diasuh pembantu dirumah. Pengasuhan di TP A dapat menstimuli perkembangan kemandirian anak sesuai dengan usia perkembangan.
Actions (login required)
|
View Item |