Pengelolaan Limbah Padat Domestik Di Rumah Sakit Umum Daerah DR. SOETOMO Surabaya

Nafiah Farisan Nuha, - (2020) Pengelolaan Limbah Padat Domestik Di Rumah Sakit Umum Daerah DR. SOETOMO Surabaya. Laporan Magang thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Fulltext)
101611133039_Nafiah Farisan Nuha.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
Official URL: https://lib.unair.ac.id/wplib/

Abstract

Menurut Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2009 tentang Rumah Sakit, rumah sakit adalah institusi pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan perorangan secara paripurna yang menyediakan pelayanan rawat inap, rawat jalan, dan gawat darurat. Penjelasan mengenai pelayanan kesehatan paripurna adalah pelayanan kesehatan yang meliputi promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif. RSUD Dr.Soetomo merupakan rumah sakit yang menjadi rujukan di wilayah Indonesia Timur.. Rumah Sakit Dr.Soetomo juga merupakan instansi pelayanan kesehatan bagi masyarakat yang harus memiliki program kesehatan lingkungan di rumah sakit salah satunya yaitu pengelolaan limbah medis dan limbah padat domestik. Sesuai dengan ketentuan Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan bahwa upaya kesehatan lingkungan ditujukan untuk mewujudkan kualitas lingkungan yang sehat baik fisik, kimia, biologi, maupun sosial yang memungkinkan setiap orang mencapai derajat kesehatan yang setinggi-tingginya. Hal ini diperkuat melalui pengaturan sebagaimana tercantum dalam Peraturan Pemerintah Nomor 66 Tahun 2014 tentang Kesehatan Lingkungan, yang menjadi acuan utama dalam penyelenggaraan kesehatan lingkungan di berbagai kegiatan diseluruh wilayah Indonesia. Maka sangat penting upaya kesehatan lingkungan diterapkan di rumah sakit.

Item Type: Thesis (Laporan Magang)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA565-600 Environmental health
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Lingkungan
Creators:
CreatorsNIM
Nafiah Farisan Nuha, -101611133039
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorH. J. Mukono, --
Thesis advisorAbdul Chodir, --
Depositing User: Mrs Amalia Tri
Date Deposited: 14 Mar 2024 02:55
Last Modified: 14 Mar 2024 02:55
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/131386
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item