HAMMAD, -
(2024)
HUBUNGAN KOMUNIKASI PERAWAT DAN TINGKAT KEPUASAN
PASIEN YANG DILAKUKAN PEMBEDAHAN.
Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Abstract
Komunikasi perawat adalah upaya yang dilakukan perawat untuk merubah pikiran, perasaan atau prilaku orang lain. Sedangkan kepuasan pasien adalah respon emosional atau kognitif yang dibangun pasien atas dasar persepsi atau evaluasi terhadap harapan nilai, sikap atau prilaku perawat dalam berkomunikasi. Tujuan penelitian adalah mengidentifikasi hubungan komunikasi perawat dengan tingkat kepuasan pasien. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif-analitis cross sectional dengan teknik pengambilan sampel secara purposive sampling. Sampel yang diteliti sejumlah 44 responden yang dirawat di ruang Bedah Kelas II RSU Ratu Zalecha Martapura. Data dikumpulkan dengan kuesioner dan dilakukan analisa statistik Spearman-Rank Correlation dengan u=0,05. Berdasarkan uji hubungan didapatkan nilai koefisien korelasi = 0,744 dengan signifikansi 0,000 dan nilai t hi tung 7,188 yang berarti bahwa Ho ditolak dan HI diterima atau terdapat hubungan signifikan positif yang kuat antara komunikasi perawat dengan tingkat kepuasan pasien Berdasarkan gambaran diatas maka penting bagi perawat untuk mempertahankan dan meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan dalam berkomunikasi untuk mempertahankan dan meningkatkan tingkat kepuasan pasien dalam komunikasi perawat..
Actions (login required)
|
View Item |