Hubungan Antara Penget Ahuan Dan Sikap Perawat Dengan Tindakan Perawat Dalam Memberikan Tekhnik Relaksasi Pada Klien Nyeri Post Operasi Di Ruang Kandungan Rs. Muhammadiyah Lamongan

Ana Fadilah (2024) Hubungan Antara Penget Ahuan Dan Sikap Perawat Dengan Tindakan Perawat Dalam Memberikan Tekhnik Relaksasi Pada Klien Nyeri Post Operasi Di Ruang Kandungan Rs. Muhammadiyah Lamongan. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (FULLTEXT)
ANA FADILAH20240313_11471870.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Masih belum optimalnya peren perawal dalam merumgani pasien nyeri post operasi terutmna dalam memberikao teklmik-teldmik relaksasi membuat permasalahan ini menarik diteliti. Disamping itu pelaksanan tekbnik relaksasi juga memerlukan bukan saja ketrampilan namun pengetabuan dan sikap yang baik. Penelitian ini bertujuan ~ mengetahui hubungan pengelllhuan dan sikap perawat temadap tindakan perawat dalam memberikan intervensi tekhnik relaksasi padaklien post operasi. Penelilian ini merupakan penelitian deskriptif dengan desain penelitian cross sectional. Lokasi penelilian di Rllllah Saki! Muhammadiyah Lmnongan di bagian ruaog kandengan. Sampel yang digunakan sebenyak 30 orang yaitu perawal yang bertugas di ruaog kandimgan Metode penentuan sample dengan menggunakan purposive sampling berdasarlam kreteria inklusi. Data dikllllpulkan dengan menggunakan koisioner yang diperoleh dengan menggunakan metode wawancara. Setelah ditabulasi kemudian dianalisis dengan menggunakan uji Chi Square dengan tingka1 signifikasi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan pengetahuan temadap tindakan perawal dalam memberikan intervensi tekbnik relaksasi pada klien post operasi dengan nilai X2 sebesar 8.356 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,005. Selanjumya juga terdapal hubungan antara sikap temadap tindakan perawat dalam memberiken intervensi tekhnik relaksasi pada klien post operasi dengan basil pemitungan statistik Chi Square yang memmjukkan nilai X2 sebesar 10,060 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,007. Berdasarkan basil ini maka perlu adanya peningkatan pelatihan bagi perawat kbususnya di Rllllah Saki! Muhammadiyah Lmnongan dan perawat pada umwnnya sehingga dapat meningkatkan peranoya dalam menangani pasien yang menderita nyeri post operasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nyeri post operasi, Sikap, Pengetahuan, Peran Perawat.
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan > S1 Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
Ana FadilahNIM019930158 B
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNK. Alit ArminiNIDN0029107401
Thesis advisorDwi PurwantiNIDN-
Depositing User: Diah Widjayanti
Date Deposited: 15 Mar 2024 02:57
Last Modified: 15 Mar 2024 02:57
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/131528
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item