Pelatihan Teknologi Pengolahan Ikan Sebagai Upaya Perbaikan Mutu Olahan Hasil Laut Di Desa Ujung Pangkah, Kec. Sedayu, Gresik

Endang Dewi Masithah, - and Widjiati, - and Epy Muhammad Luqman, - (2003) Pelatihan Teknologi Pengolahan Ikan Sebagai Upaya Perbaikan Mutu Olahan Hasil Laut Di Desa Ujung Pangkah, Kec. Sedayu, Gresik. Other thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (FULLTEXT)
19.ENDANG DEWI MASITHAH MP IR.pdf

Download (9MB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id/

Abstract

Masyarakat Desa Ujung Pangkah, Keeamatan Sidayu, Kabupaten Gresik, sebagian besar hid lip sebagai ne1ayan dan pengulah ikan. Kllaiitas uiahan hasil laut ditentukan oleh kualitas bahan I ikan, teknik pengoiahan dan bahan adciil{l yang digunakan. Teknik pengolahan hasi! taut di desa ini masih banyak mengalami kekurangan. Penggunaan insektisida dan pcsiisida untuk mcnghindari lalat dalam pcngeringan ikan serta penggunaan bahan-bahan addit ~f (pewarna dan pengawet) yang tidak dibenarkan. Akibatnya, produk hasi1 ulahan menjadi tidak sehat dan aman dikonsumsi . Semua ini akan menurunkan kua1itas hasil 01ahan, karena kual itas suatu makanan tidak hanya ditentukan oleh rasa dan bentuk,namun lebih penting juga dari aspek keamanan dan kesehatan konsumen. Lebih lanjut, hal ini akan menimbulkan keragllan bagi masyarakat untllk mengkonsllmsi ikan dan hasil olahannya dan daiam jangka panjang dapat menurunkan omset penjuaian bahkan tingkat pendapatan nelayan.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: FISH
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Kelautan
Creators:
CreatorsNIM
Endang Dewi Masithah, -0012096902
Widjiati, -0015046204
Epy Muhammad Luqman, -0013126703
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
UNSPECIFIED-, --
Depositing User: prasetyo adi nugroho
Date Deposited: 18 Mar 2024 01:57
Last Modified: 18 Mar 2024 01:57
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/131692
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item