HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP PERAWAT DALAM PERSIAPAN PSIKOLOGIS ANAK MENJELANG PROSEDUR TINDAKAN DI RUANG ANAK RSUD DR. SOETOMO SURABAYA

ENDANG SRI P NINGSIH, - (2024) HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP PERAWAT DALAM PERSIAPAN PSIKOLOGIS ANAK MENJELANG PROSEDUR TINDAKAN DI RUANG ANAK RSUD DR. SOETOMO SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
endang sri p ningsih20240229_10402246.pdf

Download (5MB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Prosedur tindakan yang dilakukan terhadap anak di rumah sakit akan dapat menimbulkan kecemasan dan ketakutan. Ketegangan emosional ini dapat mempengaruhi tumbuh kembang anak terscbut. Oleh karena itu kemampuan dan ketrampilan perawat sangat dibutuhkan dalam mempersiapkan aspek psikologis anak menjelang prosedur tindakan. Tujuan penelitian untuk mempelajari apakah ada hubungan antara pengetahuan dan sikap perawat dalam mempersiapkan aspek psikologis anak menjelang prosedur tindakan di ruang Anak RSUD Dr Seotomo Surabaya. Desain peneiitian yang digunakan adalah cross sectional, sample diambil dari keseluruhan perawat mang anak dengan besar sample sebanyak 33 responden. Dengan tehnik pengambilan sample menggunakan total sampling. Data ditabulasi dan dianalisa dengan menggunakan uji Kendall tau Correlation dengan tingkat signifikansi pada r :; 0,0 l. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan perawat mengenai persiapan aspek psikologis anak menjelang prosedur tindakan memiliki kategori kurang (9,1 %), clIkllp (45,5 %) dan baik (45,5 %). Sikap perawat yang relatif mendukung (51,51 %) dan tidak mendukung (48.48 %). Hasil uji statistik menunjukkan ada hubungan antara pengetahuan dan sikap perawat melalui uji korelasi Kendall Tau dengan nilai signifikansi 0,002. Dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi pengetahuan maka semakin mendukung sikapnya dalam persiapan aspek psikologis anak menjeiang prosedur tindakan. Dan perlu upaya untuk selalu meningkatkan pengetahuan dan sikap perawat dalam persiapan aspek psikologis anak menjelang prosedur tindakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Creators:
CreatorsNIM
ENDANG SRI P NINGSIH, -NIM010030168B
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ContributorRIRIN PROBOWATI, -NIDN
Depositing User: Agung BK
Date Deposited: 19 Mar 2024 02:08
Last Modified: 20 Mar 2024 06:42
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/131866
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item