HUBUNGAN PERAN KELUARGA DAN TINGKAT KEMAMPUAN KOMUNIKASI VERBAL KLIEN GANGGUAN PENDENGARAN (KETULIAN) DI U.R.J. T.H.T. DIVISI AUDIOLOGI RSUD DR. SOETOMO SURABAYA

ENDANG SUSILOWATI, - (2024) HUBUNGAN PERAN KELUARGA DAN TINGKAT KEMAMPUAN KOMUNIKASI VERBAL KLIEN GANGGUAN PENDENGARAN (KETULIAN) DI U.R.J. T.H.T. DIVISI AUDIOLOGI RSUD DR. SOETOMO SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
ENDANG SUSILOWATI20240313_09383641.pdf

Download (7MB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pendengaran adalah salah satu kemampuan otak untuk mempersepsikan rangsang bunyi. Fungsi utama pendengaran dalam hidup bermasyarakat adalah sebagai sarana komunikasi yang paling efektif. Klien dengan gangguan pendengaran (ketulian) akan mengalami kesulitan dalam mendengar yang mengakibatkan kesulitan dalam berkomunikasi. Kesulitan dalam berkomunikasi ini akan bisa dikurangi atau diatasi bila keluarga berperan serta dalam membantu meningkatkan kemampuan berkomunikasi pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan peran keluarga dan tingkat kemampuan komunikasi verbal klien gangguan pendengaran (ketulian) di URJ THT Divisi Audiologi RSUD Dr. Soetomo. Dengan derajat ketulian sedangberat (56-70). Design penelitian menggunakan metode descriptive "Cross sectional", jumlah sampel 20 orang, dengan metode pengambilan sampel menggunakan consecutive sampling. Pengolahan data dengan menggunakan uji statistik Spearman rho dengan tingkat kemaknaan p ~ 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keluarga yang adaptif, tingkat kemampuan komunikasi klien bisa mencapai baik 5 orang (25%), sedang 11 orang (55%), dan yang kurang hanya 1 orang (5%), sedangkan yang tidak adaptif ada 3 orang dengan tingkat kemampuan komunikasi klien kurang semua. HasH uji Statistik menunjukkan nilai kemaknaan p = 0,002 < 0,05 , koefisien korelasi r = 0,646. Dengan demikian HI diterima yang berarti ada hubungan antara peran keluarga dalam melaksanakan tugas keJuarga di bidang kesehatan dan tingkat kemampuan komunikasi verbal klien ganggUan pendengaran (ketulian). Dari hasil penelitian, peneliti menyarankan perlunya petugas melibatkan keluarga dalam meningkatkan kemampuan komunikasi klien dan keluarga perlu memberi dukungan dan motivasi kepada klien untuk meningkatkan kemampuan komunikasinya. Peran keluarga penting didalam meningkatkan kemampuan komunikasi klien gangguan pendengaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan > S1 Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
ENDANG SUSILOWATI, -NIM010110260 R
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ContributorSARI LUTFIYAH, -NIDN
Depositing User: Agung BK
Date Deposited: 19 Mar 2024 02:25
Last Modified: 20 Mar 2024 06:42
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/131877
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item