ENI SUMARLIYAH, -
(2024)
STUDI PERSEPSI MAHASISWA TENTANG PERAN
DOSEN (PMPD) SEBAGAI PENGELOLA KELAS DAN
HASIL EVALUASI BELAJAR MATA AJARAN
105 DAN 106.
Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Abstract
Dewasa ini dosen sering memainkan perannya dengan hanya sekedar mengajar tanpa perduli dengan kualitas mahasiswa setelah lulus nanti, padahal dosen bertanggung jawab terhadap lulusan baik secara intelektual maupun
emosional. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi hubungan persepsi mahasiswa terhadap peran dosen sebagai pengelola kelas dengan hasil evaluasi belajar mahasiswa pada mata ajaran 105 dan 106.
Desain penelitian yang digunakan adalah desain Deskriptif dengan teknik pengambilan sample secara stratified random sampling. Sampel yang diteliti sejumlah 92 responden yang terdiri dari mahasiswa Tingkat 2 dan 3. Variabel
independen terdiri : persepsi mahasiswa terhadap peran dosen sebagai pengelola kelas sedangkan variable dependennya adalah hasil evaluasi belajar. Data dikumpulkan dengan kuesioner terstruktur, observasi dan data sekunder.
Hasil penelitian menunjukkan persepsi mahasiswa terhadap peran dosen sebagai pengelola kelas dalam penciptaan dan pemeliharaan kondisi belajar yang optimal pada mata ajaran 105 sangat baik adalah 37 (40,22%), pada mata ajaran
106 sangat baik adalah 29 (31 ,52%), sedangkan persepsi mahasiswa tentang peran dosen sebagai pengelola kelas untuk pengembalian kondisi belajar yang optimal dengan evaluasi belajar mata ajaran 105 sangat baik adalah 30 (32,61 %) dan pada mata ajaran 106 sangat baik adalah 27 (29,35%), Hasil evaluasi rata-rata pada mata ajaran 105 adalah 2,87 dan pada 106 adalah 2,52. Persepsi mahasiswa tentang peran dosen sebagai pengelola kelas dalam penciptaan dan pemeliharaan
kondisi belajar yang optimal pada mata ajaran 105 sangat baik dengan hasil evaluasi baik adalah 32 (34,8 %), pada mata kuliah 106 adalah 20 (21 ,7%).
Persepsi mahasiswa tentang peran dosen sebagai pengelola kelas untuk pengembalian kondisi belajar yang optimal dan evaluasi belajar mata ajaran 105
baik dengan nilai baik 26 (28,3 %), sedangkan mata ajaran 106 sangat baik dengan nilai baik adalah 17 (18,5 %). Untuk itu sangat penting bagi dosen meningkatkan perannya sebagai pengelola kelas terutama dalam membagi perhatian, memberi penguatan, memodifikasi tingkah laku, menemukan dan memecahkan tingkah laku yang menimbulkan masalah agar hasil evaluasi dapat
optimal.
Actions (login required)
|
View Item |