HUBUNGAN GAYA KEPEMIMPINAN MENURUT TEORI HERSEY DAN BLANCHARD DENGAN DISIPLIN KERJA DI RUANG INTERNA RSUD Dr. SOEBANDI JEMBER

M ERV AN EFENDI, - (2024) HUBUNGAN GAYA KEPEMIMPINAN MENURUT TEORI HERSEY DAN BLANCHARD DENGAN DISIPLIN KERJA DI RUANG INTERNA RSUD Dr. SOEBANDI JEMBER. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
M ERVAN EFENDI20240301_15423245.pdf

Download (12MB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Gaya kepemimpinan seorang pimpinan adalah salah satu faktor yang mempengaruhi disiplin kerja bawahannya dalam menjaga mutu pelayanan di ruang lingkup kerjanya. Berbagai usaha dilakukan pemimpin untuk meningkatkan disiplin kerja bawahannya, salah satunya menerapkan gaya kepemimpinan Hersey dan Blanchard meliputi instruksi, konsultasi, partisipasi, delegasi. Desain Penelitian yang digunakan adciIah cross- sectional. Total sampel 20 orang. Variabel independen adalah gaya kepemimpinan Hersey dan Blanchard dan variabel dependen adalah disiplin kerja tentang perawat. Data dianalisis menggunakan Korelasi Spearman Rank dengan tingkat signifikasi a < 0,0 I Hasil analisa data menggunakan uji statistika Korelasi Spearman Rho dengan taraf signifikasi a : 0,01 maka didapatkan bila dengan menggunakan SPSS 16.0 didapatkan P-value = 0,004 r = 0,609 Sehingga dapat disimpulkan bahwa a > Pvalue maka diperoleh kesimpulan bahwa Ho ditolak, yang berarti ada hubungan antara gaya kepemimpinan Hersey dan Blanchard dengan disiplin keIja Pada penelitian ini dapat disimpulkan gaya kepemimpinan Hersey dan Blanchard ada hubungan dengan disiplin kerja. Gaya kepemimpinan yang baik dapat mengubah disiplin kerja menjadi baik. Ini dapat menjadi saran bagi pihak pemimpin di mang interna RSUD dr Soebandi Jember untuk melakukan gaya kepemimpinan Hersey dan Blanchard guna mengubah disiplin kerja diruangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Creators:
CreatorsNIM
M ERV AN EFENDI, -NIM130915157
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ContributorPURWANINGSIH, -NIDN0021106603
Depositing User: Agung BK
Date Deposited: 19 Mar 2024 04:52
Last Modified: 20 Mar 2024 06:39
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/131950
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item