PERTUMBUHAN DAN KELULUSAN HIDUP BENIH IKAN NILA MERAH (Oreochromis sp.) YANG DI BERI PUPUK KOTORAN AYAM PADA KOLAM PENDEDERAN I DI UNIT KERJA BUDIDAYA AIR TAWAR (UKBAT)

ANTON SUSANTO, - (2006) PERTUMBUHAN DAN KELULUSAN HIDUP BENIH IKAN NILA MERAH (Oreochromis sp.) YANG DI BERI PUPUK KOTORAN AYAM PADA KOLAM PENDEDERAN I DI UNIT KERJA BUDIDAYA AIR TAWAR (UKBAT). Tugas Akhir D3 thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (FULL TEXT)
ANTON SUSANTO_060310359T.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Dunia perikanan dewasa ini berkembang semakin pesat, dinamika pelkembangan tersebut dapat dilihat dengan peningkatan teknologi yang digunakan. Hal tersebut merupakan tuntutan untuk memenuhi permintaan ikan yang semakin tinggi oleh masyarakat. Ikan merupakan bahan pangan yang mempunyai nilai gizi tinggi dengan kandungan mineral, vitamin, lemak dan protein yang tersusun dalam asam-asam amino esensial yang sangat diperlukan untuk pertumbuhan tubuh dan kecerdasan manusia. Protein sangat berguna bagi tubuh kita untuk pertumbuhan sd dar. untuk sumber tenaga. lkan mengandung protein hewani seb lnyak 50-80 %. Peningkatan mutu dan jumlah ikan dapat dilakukan melalui beberapa cara yaitu perbaikan agIO teknik dan perbaikan mutu sifat ikan. Membudidayakan ikan nila merah merupakan salah satu alternatif karena ikan tersebut dapat memberikan keuntungan bagi rnanusia selain pertumbuhannya cepat, juga kandungan gizinya tinggi. Masalah yang sering dihadapi oleh para pembudidaya ikan nila merah adalah lambatnya pertumbuhan dan tingginya mortalitas dari populasi yang ditebarkan pada suatu wadah budidaya. Keberhasilan usaha budidaya ikan nila merah selain ditentukan oleh managemen yang baik, juga ditentukan oleh pengadaan makanan yang baik dan cukup. Pakan yang diberikan pada benih ikan nila merah disamping kandungan gizinya baik, juga harus sesuai dengan kebiasaan makan dan ukuran benih. Salah satu cara untuk pengadaan pakan yang baik dan sesuai dengan ukuran benih adalah dengan menyediakan pakan alami. Pemupukan kotoran ayam merupakan salah satu alternatif penumbuhan pakan alami di kolam. Pertumbuhan pakan alami ini diharapkan dapat mendukung pertumbuhan dan kelulusan hidup benih ikan nila merah.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Uncontrolled Keywords: Benih Ikan Nila Merah, Oreochromis Sp, Pupuk Kotoran Ayam, Kolam Pendederan
Subjects: S Agriculture
S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH328-329 Fishery management. Fishery policy
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Budidaya Perairan
Creators:
CreatorsNIM
ANTON SUSANTO, -060310359T
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
UNSPECIFIEDSudarno, Ir.M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Khoirul Falah Saktiko
Date Deposited: 25 Mar 2024 00:48
Last Modified: 25 Mar 2024 00:48
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/132293
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item