Juni
(2024)
Pengaruh Pembelajaran Bed Side Teaching Terhadap Perilaku Mahasiswa Akper Dalam Melakukan Tindakan Suction Endotracheal di Ruang ICU RSU Dr. Soetomo Surabaya.
Skripsi thesis, Universitas Airlangga.
Abstract
ICU merupakan salah satu tempat mendapatkan pengalaman klinik. Selama praktek klinik profesi keperawatan di ICU setiap mahasiswa harus memenuhi keterampilan atau kompetensi dalam melakukan tindakan keperawatan penghisapan lendir (suctioning) pada pasien dengan jalan napas buatan (Endotracheal Tube/Tracheostomy) baik yang nafasnya masih dibantu ventilator maupun pasien yang sudah bernafas spontan. Tindakan suction endotracheal ini dapat menyebabkan berbagai komplikasi seperti disritmia, hipoksia, peningkatan tekanan intrakranial, trauma jalan nafas dan infeksi.
Tujuan penelitian ini adalah mengevaluasi pengaruh bed side teaching terhadap perilaku mahasiswa Akper dalam melakukan tindakan suction endotracheal pada pasien yang dirawat di ICU RSU Dr. Soetomo Surabaya. Penelitian ini menggunakan rancangan pre—experimental one group pre test-post test design, dengan populasi mahasiswa Akper yang sedang melaksanakan praktik klinik di ICU, besar sampel 10 orang. Sampling dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Variabel independennya adalah pembelajaran bed side teaching, variabel dependennya kemampuan atau keterampilan mahasiswa dalam melakukan tindakan suction endotracheal meliputi pengetahuan, sikap dan praktek.
Hasil uji statistik menunjukkan untuk pengetahuan didapatkan nilai signifikansi p = 0,014 < 0,05 maka ada pengaruh sebelum dan sesudah pembelajaran bed side teaching terhadap tingkat pengetahuan, untuk sikap didapatkan nilai p = 1,000 > 0,05 sehingga tidak ada pengaruh sebelum dan sesudah pembelajaran bed side teaching terhadap sikap, dan untuk psikomotor didapatkan nilai p = 0,002 < 0,05 maka ada pengaruh sebelum dan sesudah pembelajaran bed side teaching terhadap psikomotor bagi mahasiswa Akper dalam melakukan tindakan suction endotracheal di ruang ICU RSU Dr. Soetomo Surabaya.
Metode pembelajaran bed side teaching merupakan metode yang dapat digunakan sebagai upaya untuk meningkatkan profesionalisme talon perawat dalam sebuah proses pendidikan karena terbukti mampu meningkatkan pengetahuan dan psikomotor mahasiswa.
Actions (login required)
|
View Item |