PENGARUH PENYINARAN Co 60 TERHADAP VOLUME SATU KAU EJAKULASI SEMEN, MOTILITAS, KONSENTRASI, DAN PERSENTASE HIDUP SPERMATOZOA KELINCI JANTAN (Lepus negricollis)

NINING AGUSTIN, - (2024) PENGARUH PENYINARAN Co 60 TERHADAP VOLUME SATU KAU EJAKULASI SEMEN, MOTILITAS, KONSENTRASI, DAN PERSENTASE HIDUP SPERMATOZOA KELINCI JANTAN (Lepus negricollis). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
PENGARUH PENYINARAN Co 60 TERHADAP VOLUME SATU KALI - NINING AGUSTIN - ABSTRAK.pdf

Download (618kB)
[img] Text
PENGARUH PENYINARAN Co 60 TERHADAP VOLUME SATU KALI - NINING AGUSTIN.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mcngetahui pengamh penyinaran kobaIt 60 terhadap volume satu kali ejakulasi semen, motilitas, konsentrasi dan persentase hidup spermatozoa kelinci jantan (Lepus negricollis). Sejumlah 24 ekor kelinci jantan berumur kurang lebih 8 bulan dengan berat badan antara 2-3 kg. Selama percobaan kelinci-kelinci tersebut menerima radiasi dari kobalt 60. Disain percobaan yang digunakan adalah Rancangan Faktorial 4x3 yang terbagi menjadi 4 kelompok perlakuan dan 3 kelompok waktu pengamatan. Masing-masing kelompok perlakuan terdiri 6 ekor kelinci jantan. Data dianalisis menggunakan ANA VA dengan program SPSS 1 1.0 for Windows, bila hasil bermakna maka dilakukan uji Jarak Berganda Duncan dengan taraf significan 5%. Pada perlakuan PO tanpa pemberian radiasi kobalt 60 sebagai kontrol, perlakuan PI diberi radiasi kobalt 60 dosis tunggal 50 rad, perlakuan P2 diberi radiasi kobaIt 60 dosis tunggal 100 rad, dan periakuan P3 diberi radiasi kobalt 60 dosis tunggal 150 rad. Pemeriksaan terhadap kualitas spermatozoa ya.ng meliputi volume satu kali ejakulasi semen, motiJitas, konsentrasi, dan. persentase hidup spermatozoa dilakukan pada hari ke-15, hari ke-30 dan hari ke-45 setelah diradiasi. Hasil penelitian diketahui bahwa radiasi kobalt 60 (dosis 50, 100, dan 150 rad) tidak berpengaruh terhadap volume satu kali ejakulasi semen, tetapi berpengaruh menurunkan motilitas, kO!1sentrasi, dan persentase hidup spermatozoa kelinci jantan. Radiasi kobalt 60 pada 3 tahap wah .. tu pengamatan (15,30 dan 45 hari) setelah radiasi tidak mempengaruhi volume satu kali ejakulasi semen, motilitas, dan konsentrasi spermatozoa, tetapi berpengaruh pada persentase hidup spermatozoa kelinci jantan, dan radiasi Kobalt 60 (dosis50, 100, dan 150 rad) pada interaksi antara radiasi yang diberikan dengan waktu pengamatan tidak bef!>Cngaruh pada volume satu kali ejakulasi semen dan motilitas spermatozoa tetapi berpengaruh pada konsentrasi dan persentase hidup spermatozoa kelinci jantan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: LEPUS NEGRICOLLIS
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF600-1100 Veterinary medicine > Including veterinary genetics, ethology, anatomy, physiology, embryology, pathology
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan > Ilmu Kedokteran Hewan Dasar
Creators:
CreatorsNIM
NINING AGUSTIN, -NIM069812496
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
UNSPECIFIEDHardijanto, -NIDN-
UNSPECIFIEDTri Wahyu Suprayogi, -NIDN-
Depositing User: Dewi Puspita
Date Deposited: 26 Mar 2024 03:31
Last Modified: 26 Mar 2024 04:03
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/132564
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item