Hubungan Antara Persepsi Ibu Tentang Kanker Serviks Dan Perilaku Deteksi Dini Ibu Di Yayasan Kanker Wisnuwardhana Surabaya

Anna Mahmudah, ,- (2024) Hubungan Antara Persepsi Ibu Tentang Kanker Serviks Dan Perilaku Deteksi Dini Ibu Di Yayasan Kanker Wisnuwardhana Surabaya. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (FULLTEXT)
ANNA MAHMUDAH 200320240301.pdf

Download (21MB)
Official URL: https://lib.unair.ac.id/wplib/

Abstract

Kanker serviks adalah penyakit yang mematikan dan memiliki frekuensi yang tinggi. Kanker serviks merupakan penyebab kematian utama kanker pada wanita. Pengobatan kanker serviks memberikan kesembuhan 100% pada stadium awal dan 30-40 % pada stadium lanjut. Untuk mencegah kematian karena kanker serviks, diperlukan upaya deteksi dini, yaitu pap smear. Perilaku deteksi dini ibu dapat dipengaruhi oleh persepsi ibu terhadap kanker serviks. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hubungan antara persepsi ibu tentang kanker serviks dan perilaku deteksi dini di Yayasan Kanker Wisnuwardhana Surabaya. Pengumpulan data dengan kuisioner. Sampel diambil dari 30 responden dengan teknik purposive sampling. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan uji korelasi spearman melalui program SPSS I 1,0 for windows dengan tingkat kemaknaan 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi ibu tentang kanker serviks adalah berbahaya (66,67%), sedangkan perilaku deteksi dini ibu baik (93,33%). Hasil tes statistik yaitu p < 0,039 yang berarti ada hubungan bermakna antara persepsi ibu tentang kanker serviks dan perilaku deteksi dini di Yayasan Kanker Wisnuwardhana Surabaya. Manfaat dari penelitian ini berguna untuk memperbaiki asuhan keperawatan kepada masyarakat mengenai pembentukan persepsi dan upaya deteksi dini kanker seviks. Saran dari penulis kepada perawat adalah pemberian penyuluhan kepada masyarakat luas akan bahaya kanker serviks dan pentingnya deteksi dini kanker.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kanker Serviks, Persepsi, Deteksi Dini
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC0254 Neoplasms. Tumors. Oncology (including Cancer)
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan > S1 Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
Anna Mahmudah, ,-NIM010110298 R
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNursalam, ,-NIDN0025126601
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 30 Mar 2024 06:54
Last Modified: 30 Mar 2024 06:54
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/132900
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item