PENGARUH SELF-CONTROL TERHADAP IMPULSIVE BUYING PADA DEWASA AWAL YANG BERMAIN GAME ONLINE

Muchamad Fauzan Fadillah, - (2024) PENGARUH SELF-CONTROL TERHADAP IMPULSIVE BUYING PADA DEWASA AWAL YANG BERMAIN GAME ONLINE. Artikel Ilmiah thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text
jurnal_Muchamad fauzan F_111911133199.pdf

Download (285kB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian sebelumnya menyebutkan bahwa individu dewasa awal yang bermain game online jika tidak memiliki self-control yang tinggi maka memiliki kecenderungan melakukan impulsive buying. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh self-control terhadap impulsive buying pada dewasa awal yang membeli item virtual pada game online. Impulsive buying merupakan tindakan membeli yang dilakukan secara spontan tanpa perencanaan atau pertimbangan sebelumnya, yang pada akhirnya dapat menyebabkan rasa penyesalan. Peran self-control sebagai kemampuan untuk mengadaptasi dan menyesuaikan diri menolak atau mengubah suatu respon sehingga terhindar dari perilaku yang tidak baik. Metode yang digunakan pada penelitian penelitian kuantitatif dengan metode survei. Responden penelitian terdiri dari 105 responden dengan rentang umur 18-25 tahun yang pernah membeli item virtual pada game online yang pernah dimainkan. Pengambilan sampel menggunakan accidental sampling untuk mendapatkan responden sesuai kriteria penelitian. Alat ukur masing-masing variabel adalah Self Control Scale (SCS) dan variabel Impulsive Buying Tendency Scale (IBTS). Analisis data dilakukan dengan menggunakan SPSS versi 21.0 dengan Teknik analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa R square didapatkan self-control berpengaruh sebanyak 0,325 atau 32,5% terhadap impulsive buying. Nilai signifikansi 0,000 yang mana nilainya kurang dari a (0,05) sehingga dapat dikatakan variabel self- control memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel impulsive buying.

Item Type: Thesis (Artikel Ilmiah)
Uncontrolled Keywords: bermain game online, dewasa awal, impulsive buying, self-control
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF1-940 Psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi > Psikologi Klinis
Creators:
CreatorsNIM
Muchamad Fauzan Fadillah, -111911133199
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTiara Diah Sosialita, -198912112016113201
Depositing User: Muchamad Fauzan F
Date Deposited: 22 Apr 2024 05:01
Last Modified: 22 Apr 2024 05:01
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/132998
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item