PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN ATAS KEHILANGAN BARANG DI BAGASI PESAWAT

Kukuh Hutama, 030215517 (2006) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN ATAS KEHILANGAN BARANG DI BAGASI PESAWAT. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2007-hutamakuku-4147-kkbkk-2-k.pdf

Download (365kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2007-hutamakuku-4147-fh1210-p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (778kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kesimpulan a. Barang konsumen dalam perjanjian pengangkutan adalah barang bawaan dan barang bagasi. Untuk barang bagasi, konsumen mendapat tiket bagasi yang pada prakteknya disatukan dengan tiket konsumen. Jika terjadi kehilangan barang konsumen di bagasi pesawat, maskapai penerbangan diharuskan untuk bertanggung gugat. Sistem tanggung gugat untuk barang bagasi berdasarkan dua prinsip pokok, yaitu : prinsip praduga untuk selalu bertanggung gugat (Presumption of liability) dan prinsip tanggung gugat terbatas (Limitation of liability). Seiring perkembangan zaman, prinsip tanggung gugat berdasarkan praduga (Presumption of liability) dirasakan sudah tidak sesuai lagi. Lebih tepat jika menggunakan prinsip tanggung gugat mutlak (strict liability). Sehingga maskapai penerbangan dianggap bertanggung gugat mutlak (strict liability) atas kenigian akibat kehilangan barang bagasi konsumen. b. Upaya hukum yang dapat ditempuh oleh konsumen sehubungan dengan terjadinya kehilangan barang bagasi ada dua macam. Pertama adalah penyelesaian sengketa di luar pengadilan (bisa melalui cara damai, bisa juga melalui Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen / BPSK. Yang kedua adalah penyelesaian sengketa melalui pengadilan. Penyelesaian sengketa secara damai menguntungkan konsumen dan maskapai penerbangan. Konsumen terhindar dari proses peradilan yang rumit dan memakan biaya mahal. Penyelesaian sengketa melalui peradilan dapat ditempuh jika: 1) Memang sengaja dipilih oleh para pihak; 2) Upaya penyelesaian sengketa melalui BPSK dinyatakan tidak berhasil oleh salah satu pihak yang bersengketa; 3) Ada salah satu pihak yang merasa keberatan dengan keputusan majelis BPSK. Copyrights:

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FH 121/07 Hut p
Uncontrolled Keywords: CONSUMER PROTECTION - LAW AND LEGISLATION
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3840-4375 Regulation of industry, trade, and commerce. Occupational law > K4011-4343 Transportation and communication
Divisions: 03. Fakultas Hukum
Creators:
CreatorsNIM
Kukuh Hutama, 030215517UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorGianto Al Imron, S.H., M.H.UNSPECIFIED
Depositing User: Tn Hatra Iswara
Date Deposited: 04 Apr 2007 12:00
Last Modified: 18 Jun 2017 16:37
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/13385
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item