STIMULASI PERKEMBANGAN PSIKOSOSIAL MELALUI PERMAINAN ULAR TANGGA DENGAN PENDEKATAN TEORI IMOGENE KING PADA ANAK STUNTING USIA TK

WIDY SETYOWATI, - (2015) STIMULASI PERKEMBANGAN PSIKOSOSIAL MELALUI PERMAINAN ULAR TANGGA DENGAN PENDEKATAN TEORI IMOGENE KING PADA ANAK STUNTING USIA TK. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
27 STIMULASI PERKEMBANGAN PSIKOSOSIAL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Introduksi: Stunting pada usia TK dengan pertumbuhan tinggi badan saat remaja menemukan bahwa malnutrisi masa anak-anak (masa pertumbuhan) akan mempengaruhi tinggi badan saat dewasa. Stuntingmerupakan cerminan kurang gizi kronik, apabila tidak segera ditindaklanjl;lti dapat menyebabkan gangguan pertumbuhan fisik permanen. Stin1ulasi permainan ular tangga tema psikososial berisi aspek-aspek psikososial. Metode: Praeksperimental rancangan pra-pascates dalam satu kelompok (one-group pra-post test design Sampel penelitian yang digunakan anak TK usia TK yang teridentitikasi stunting dipilih dengan cara total sampling. Sampel be~jumlah 14 anak. Variabel independent dalarn penelitian ini adalah stimulasi permainan ular tangga, sedangkan variabel dependen perkembangan psikososial pada anak stunting usia TK. Da.ta dikumpulkan menggunakan kuesioner dan observasi.Hasil dan Analisis:Analisa data berpasangan (pre and post) pada variabel perkembangan psikososial digunakan (pre and post test) pada variabel perkembangan psikososial digunakan uji Wilcoxon sign rank test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh si&nifikan pemberian permainanular tangga tema psikososial terhadap peningkatan perkembangan psikos.osial pada anak stunting usia TK. Kesimpulan:Perkembangan psikososial pada anak stunting usia TK sebelum diberikan stimulasj permainan ular tangga tema psikososial didapatkan hampir seluruhnya (79o/o) responden tidak perlu dirujuk, sedangkan perkembangan psikososial pada sesudah diberikan stimulasi bermain ular tangga tema psikososial didapatkan hampir seluruhnya (93o/o) responden tidak perlu dirujuk.Terdapat pengaruh stimulasi bermain ular tangga tema psikososial terhadap peningkatan perkembangan psikososial pad a anak stunting usia TK di TK wilayah desa Sidorejo kecamatan K.rian kabupaten Sidoarjo dimana terdapat perubahan penilaian (menurun) pada semua responden.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: PSYCHOSOCIAL DEVELOPMENT STIMULATION, SNAKE AND LADDER GAME, STUNTING
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA773-788 Personal health and hygiene
T Technology > TX Home economics > TX341-641 Nutrition. Foods and food supply
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan > Magister Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
WIDY SETYOWATI, -NIM131314153004
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
UNSPECIFIEDPudji Lestari, -NIDN0029017003
UNSPECIFIEDEsti Yunitasari, -NIDN0017067707
Depositing User: Dewi Puspita
Date Deposited: 16 Oct 2024 03:46
Last Modified: 16 Oct 2024 03:46
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/134063
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item