PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PRECEPTORSHIP TERHADAP ADAPTASI DAN PENCAPAIAN KOMPETENSI MAHASISWA PROGRAM PENDIDIKAN PROFESI NERS (P3N)

MUHAMMAD SYAMSUL HIDAYAT, - (2014) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PRECEPTORSHIP TERHADAP ADAPTASI DAN PENCAPAIAN KOMPETENSI MAHASISWA PROGRAM PENDIDIKAN PROFESI NERS (P3N). Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
08 PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PRECEPTORSHIP.pdf

Download (11MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Pendahuluan: Pelaksanaan model pembelajaran preceptorship memberikan bimbingan komprehensif, umpan batik tentang kineJja klinis, dan kemajuan mahasiswa program pendidikan profesi ners selama orientasi dan membantu meningkatkan pencapaian kompetensinya. Tujuan penelitian mengembangkan model preceptorship pada preceptor di Rumah Sakit Universitas Airlangga terbadap adaptasi dan pencapaian kompetensi mabasiswa program penelidikan profesi ners (p3N). Metode: Dua desain penelitian digunakan dan dibagi dalam dua tahap. Tahap pertama mengglmakan desain explanation dengan pendekatan cross sectional. Tahap kedua menggnnakan quasy experiment. Data yang diperoleh dari delapan preceptor yang berada pada unit berbeda eli rumah sakit ini dan sepuluh mabasiswa P3N dengan teknik simple random sampling. Analisis data menggunakan partial least square (PLS). Basil: Pengembangan model pembelajaran preceptorship dipengarubi oleh faktor langsung (pemiUban preceptor, hubungan preceptor -preceptee, layanan dukungan) dan faktor tidale langsung (beban ketja dan kekurangan perawat), berpengaruh terbadap adaptasi dan pencapaian kompetensi mahssiswa P3N. Pembahasan: Faktor langsung dan faktor tidak langsung merupakan varia bel penentu yang mempengaruhi pelaksanaan model pembelajaran preceptorship. Rekomendasi pengembangan model pembelajaran preceptorship dapat dilaksanakan jika faktor langsung dan tidak langsung terpenuhi. Saran untuk penelitian lebih lanjut perlu dilakukan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran precerptorsbip terbadap kepuasan pasien.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: PRECEPTORSHIP LEARNING MODEL
Subjects: R Medicine > RT Nursing > RT89-120 Specialties in nursing
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan > Magister Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
MUHAMMAD SYAMSUL HIDAYAT, -NIM131214153004
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
UNSPECIFIEDNursalam, -NIDN0025126601
UNSPECIFIEDNinuk Dian Kumiawati, -NIDN0016037703
Depositing User: Dewi Puspita
Date Deposited: 22 Nov 2024 04:02
Last Modified: 22 Nov 2024 04:02
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/134328
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item