TINJAUAN YURIDIS POLITIK KEKERABATAN DALAM PEMILIHAN KEPALA DAERAH

FARIZAL ANDREIAN, 030911010 (2013) TINJAUAN YURIDIS POLITIK KEKERABATAN DALAM PEMILIHAN KEPALA DAERAH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-andreianfa-24791-5.abstr-i.pdf

Download (306kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FARIZAL ANDREIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (854kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pemilihan Kepala Daerah adalah salah satu proses penting dalam perjalanan demokrasi serta kehidupan ketatanegaraan Indonesia. Pergeseran pola atau mekanisme pemilihan Kepala Daerah yang semula tidak langsung (dipilih oleh DPRD) menjadi pemilihan langsung oleh rakyat dapat dimaknai sebagai sebuah proses pendewasaan dalam bingkai demokrasi tersebut. Rakyat di daerah yang semula tidak banyak mengetahui perihal kapabilitas dan integritas dari pemimpinnya, kini tidak lagi ibarat membeli kucing dalam karung. Namun demikian, pergeseran pola pemilihan tersebut tidak hanya menghasilkan manfaat positif. Ekses negatif juga kerap kali mengiringinya. Meningkatnya konflik horizontal, praktik money politics, adalah beberapa diantaranya. Salah satu permasalahan yang juga menguat belakangan ini terkait dengan proses pemilihan kepala daerah adalah munculnya fenomena politik kekerabatan. Tidak adanya peraturan perundang-undangan yang secara rigid mengatur perihal politik kekerabatan ditengarai menjadi salah satu penyebabnya. Praktik politik kekerabatan, jika terus dibiarkan akan semakin menggejala dan mengancam bangunan demokrasi di Indonesia itu sendiri. Disamping itu, fenomena politik kekerabatan, dalam praktiknya, juga cenderung mereduksi atau bahkan mengamputasi hak-hak sosial politik masyarakat, khususnya dalam hal ini adalah hak untuk ikut terlibat dalam urusan pemerintahan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK - 2 FH 56/13 And t
Uncontrolled Keywords: ELECTIONS - LAW AND LEGISLATIVE; LOCAL ELECTIONS
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3154-3370 Constitutional law > K3289-3367 Organs of government > K3290-3304 The people. Election law
Divisions: 03. Fakultas Hukum
Creators:
CreatorsNIM
FARIZAL ANDREIAN, 030911010UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorEndang Sayekti, S.H. M.Hum.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 07 Jun 2013 12:00
Last Modified: 01 Aug 2016 10:47
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/13461
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item