Analisis Faktor-Faktor Yang Dipertimbangkan Oleh Konsumen Untuk Menginap Sehubungan Dengan Strategi Pemasaran Pada Hotel Berbintang Di Jawa Timur

K.Andi sulakso (1998) Analisis Faktor-Faktor Yang Dipertimbangkan Oleh Konsumen Untuk Menginap Sehubungan Dengan Strategi Pemasaran Pada Hotel Berbintang Di Jawa Timur. Disertasi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text
2. ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG DIPERTIMBANGKAN OLEH - R andi sularso.pdf

Download (7MB)

Abstract

Industri hotel berbintang di Jawa Timur dalam satu sisi menunjukkan adanya prospek yang cerah, dengan ditan- dai adanya prospek sektor pariwisata sebagai sektor strategis sebagai penghasil devisa yang handal. Hal ini terbukti dengan semakin meningkatnya penerimaan devisa dan pendapatan dari industri perhotelan. Pada sisi lain indus­ tri hotel berbintang di Jawa Timur menghadapi masalah dengan menurunnya tingkat hunian hotel, penurunan lamanya tamu menginap di hotel dan akan beroperasinya hotel berbintang baru yang otomatis bertambahnya jumlah kamar yang tersedia, sehingga perlu diteliti faktor-faktor yang dipertimbangkan oleh konsumen untuk menginap di hotel berbintang serta strategi pemasaran yang sebaiknya dibuat oleh produsen hotel berbintang di Jawa Timur. Untuk terlaksananya maksud tersebut dilakukan peneli­ tian survey terhadap 1100 keputusan konsumen dan 44 kepu­ tusan produsen hotel dengan pertimbangan bulan ramai hunian kamar hotel (Desember 1996, Januari 1997, Maret 1997) dan bulan sepi hunian kamar hotel (Oktober 1996, Nopember 1996, Pebruari 1997). Dari 1100 konsumen hotel tersebut terdiri dari : 250 konsumen hotel bintang satu, 250 konsumen hotel bintang dua, 250 konsumen hotel bintang tiga, 200 konsumen hotel bintang empat dan 150 konsumen hotel bintang lima. Dari 44 produsen hotel tersebut ter- diri dari : 10 produsen hotel bintang satu, 10 produsen hotel bintang dua, 10 produsen hotel bintang tiga, 8 produsen hotel bintang empat dan 6 produsen hotel bintang lima. Data primer yang diperoleh dari sikap konsumen dan sikap produsen hotel dianalisis dengan analisis faktor dan analisis SWOT. Data pelengkap diperoleh dari Diparda Propinsi Dati I Jawa Timur, PHRI Jawa Timur dan Departemen Pariwisata, Pas dan Telekomunikasi Kantor Wilayah IX Jawa Timur

Item Type: Thesis (Disertasi)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > Ilmu Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
K.Andi sulakso099411!J41D
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorKartomo wirosuhardjo-
UNSPECIFIEDKabul santoso-
Depositing User: Turwulandari
Date Deposited: 30 Jan 2025 01:04
Last Modified: 30 Jan 2025 01:04
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/134721
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item