Pengaruh Komunikasi Electronic Word of Mouth Pada Media So sial Tiktok Terhadap Keputusan Konsumen Generasi Z (Studi Pada Local Beauty Brand Somethinc)

Nur Agung Guntoro (2023) Pengaruh Komunikasi Electronic Word of Mouth Pada Media So sial Tiktok Terhadap Keputusan Konsumen Generasi Z (Studi Pada Local Beauty Brand Somethinc). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (ABSTRAK)
KKB KK-2 Nur p_ ABSTRAK.pdf

Download (60kB)
[img] Text (FULLTEXT)
KKB KK-2 Nur p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengaruh electronic word of mouth (X) terhadap keputnsan konsumen (Y) dengan objek penelitian adalah merek perawatan kulit dan makeup lokal, Somethinc. Penelitian ini dilakukan karena merek Somethinc merupakan merek lokal yang dapat men em bus pasar industri di Indonesia dengan relatif cepat dibanding dengan merek -merek pesaing dalam industri ini, hal tersebut didukung pada media sosial baru yaitn Tiktok dengan wujud merek Somethinc menjadi beauty brand dengan jumlah hastag views terbanyak di aplikasi Tiktok pada akhir 2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan tipe penelitian eksplanatif karena untnk mengetahui hubungan variable X (electronic word of mouth) dengan dimensi intensity, valence dan content dan variabel Y (keputnsan konsumen) dengan dimensi need recognition, information search, alternative evaluation, purchase decision dan post purchase behaviour dengan menggunakan penyebaran kuesioner ke 100 responden. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan tiga kriteria yaitn generasi z atau lahir pada tahun 1998 - 2007, pengguna TikTok dan konsumen produk dari merek Somethinc. Analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah uji regresi linear sederhana. Hasil pada uji t parsial menunjukan terdapat hubungan pad a variabel independent terhadap variabel dependent sehingga hipotesis penelitian (HI) diterima. Kemudian hasil pada nilai r square adalah 0.563 atau bemilai pada koefisien determinasi sebesar 56.3%. Nilai tersebut berarti kekuatan hubungan variabel electronic word of mouth dan keputnsan konsumen bemilai cukup.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Nur p
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Pemasaran, Perilaku Konsumen, Electronic Word of Mouth, Keputnsan Konsumen
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE1-9990 Transportation and communications
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
Nur Agung Guntoro071711533074
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSuko Widodo, Dr. Drs., M.si.0004026405
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 15 Jan 2025 06:26
Last Modified: 15 Jan 2025 06:26
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/134727
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item