JAMINAN FIDUSIA DALAM PEMBIAYAAN MMUDHARABAH PADA PERBANKAN SYARIAH (STUDI DI BANK BRI SYARIAH)

RIZKI RIPRIYANTI, 030911228 (2013) JAMINAN FIDUSIA DALAM PEMBIAYAAN MMUDHARABAH PADA PERBANKAN SYARIAH (STUDI DI BANK BRI SYARIAH). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-ripriyanti-25113-6.abstr-k.pdf

Download (126kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
RIZKI RIPRIYANTI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (712kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Bank sebagai lembaga keuangan memiliki peranan penting yang strategis dalam mengembangkan pembangunan nasional. Kegiatan utama dari perbankan adalah menghimpun dan menyalurkan dana dari masyarakat. Hadirnya bank Islam yang operasionalnya didasarkan atas prinsip – prinsip syariah Islam di Indonesia menjadi solusi bagi masyarakat karena sistem bagi hasil yang dipakai dalam kegiatan pembiayaannya, bukan bunga yang dianggap sebagai riba. Kepercayaan sebagai landasan pada pembiayaan mudharabah, menjadi pembeda dengan akad lainnya. Hubungan yang terjadi antara bank dan nasabah atau mudharib dalam pembiayaan mudharabah berdasarkan atas kepercayaan (amanah). Mudharib diberi kepercayaan untuk mengelola modal dari bank atau shahibul maal. Namun yang terjadi dalam praktik bank syariah, bank meminta jaminan atas modal yang telah diberikan kepada mudharib dalam akad mudharabah, yang merupakan akad kepercayaan. Tujuan dari penelitian dalam skripsi ini adalah mengetahui konsep jaminan atas akad kepercayaan dalam Hukum Islam dalam penggunaan jaminan pada pembiayaan mudharabah. Pembiayaan mudharabah merupakan suatu akad kepercayaan atau amanah pada diri dan prospek usaha mudharib. Di samping amanah, bank tetap membutuhkan jaminan atau agunan sebagai jaminan tambahan, yaitu jaminan fidusia, yang bertujuan agar mudharib mengelola modal dengan baik dan menghindari moral hazard mudharib. Apabila terjadi kerugian dalam pembiayaan, jaminan tersebut akan melunasi utang mudharib.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK - 2 FH 83 / 13 Rip j
Uncontrolled Keywords: FIDUCIA; BANKING LAW (ISLAMIC LAW)
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K1000-1395 Commercial law > K1024-1132 Commercial contracts > K1066-1089 Banking
Divisions: 03. Fakultas Hukum
Creators:
CreatorsNIM
RIZKI RIPRIYANTI, 030911228UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAbdul Shomad, Dr. Drs., S.H., M.H.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 01 Jul 2013 12:00
Last Modified: 02 Aug 2016 01:41
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/13474
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item