PENYELESAIAN SENGKETA ANTARA KONSUMEN DENGAN PRODUSEN MELALUI ARBITRASE

RR. HERDIANA PRASIYAWATI, 030911192 (2013) PENYELESAIAN SENGKETA ANTARA KONSUMEN DENGAN PRODUSEN MELALUI ARBITRASE. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (FULLTEXT)
RR. HERDIANA PRASIYAWATI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Sengketa konsumen dengan produsen adalah sengketa antara pelaku usaha dengan konsumen yang menuntut ganti rugi atas kerusakan, pencemaran dan/atau yang menderita kerugian. Sengketa konsumen dengan produsen, dapat diselesaikan dengan baik melalui Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) ataupun di luar BPSK sebagai suatu penyelesaian sengketa alternatif di luar pengadilan yang salah satunya terdapat arbitrase sebagai forum penyelesaian sengketa. Arbitrase merupakan penyelesaian sengketa alternatif, disamping negosiasi, mediasi, dan pengadilan. Sengketa konsumen dengan produsen dalam penyelesaian sengketanya dapat diselesaikan melalui BPSK (Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen), namun pada prakteknya tidak terdapat ketentuan yang mengharuskan sengketa konsumen dengan produsen diselesaikan melalui mekanisme BPSK. Arbitrase, sebagai forum penyelesaian sengketa juga dapat di tempuh dalam menyelesaikan sengketa antara konsumen dengan produsen apabila dapat dimungkinkan adanya suatu perdamaian diantara para pihak. Arbitrase yang di maksudkan ialah arbitase di luar mekanisme BPSK. Untuk dapat mengikatkan diri pada arbitrase harus terdapat perjanjian arbitrase, baik perjanjian arbitrase tersebut di buat sebelum timbulnya sengketa atau sesudah timbulnya sengketa di antara para pihak, karena dengan adanya perjanjian arbitrase akan melahirkan kompetensi absolut atau kewenangan mutlak forum arbitrase untuk memeriksa sengketa para pihak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK - 2 FH 89 / 13 Pra p
Uncontrolled Keywords: ARBRITATION AGREEMENTS, COMMERCIAL; DISPUTE RESOLUTION (LAW)
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K524-525 Treaties and other international agreements
Divisions: 03. Fakultas Hukum
Creators:
CreatorsNIM
RR. HERDIANA PRASIYAWATI, 030911192UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAgus Sekarmadji, Dr., S.H., M.HumUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 19 Aug 2013 12:00
Last Modified: 10 Aug 2016 06:17
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/13629
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item