PENERAPAN KETENTUAN TERHADAP PELAKU PENYALAHGUNAAN DAN PEREDARAN GELAP METHYLONE DALAM PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN

MOCHAMAD THARIQ, 030911106 (2013) PENERAPAN KETENTUAN TERHADAP PELAKU PENYALAHGUNAAN DAN PEREDARAN GELAP METHYLONE DALAM PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Maraknya penyalahgunaan dan peredaran gelap methylone di Indonesia perlu dikaji menurut peraturan perundang-undangan. Mengingat methylone merupakan turunan sintesis dari katinona yang tercantum sebagai Narkotika Golongan I dalam Lampiran I Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika, namun methylone sendiri belum tercantum dalam Lampiran I Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika. Methylone merupakan produk biologi yakni katinona sintesis yang awalnya dipatenkan sebagai obat antidepresan, memberi stimulus atau rangsangan yang membuat penggunanya menjadi segar dan tidak mudah mengantuk serta meningkatkan energi, menimbulkan perasaan euphoria, meningkatkan rasa percaya diri, halusinasi dan delusi serta menimbulkan bahaya bagi kesehatan dan keamanan umum. Methylone dapat dikategorikan kedalam obat keras berdasarkan ketentuan ayat (3) jo. ayat (4) Daftar Obat Terlarang sebagai obat baru dan ditempatkan dalam obat keras daftar G karena methylone berbahaya bagi kesehatan dan keamanan umum. Selain itu, methylone merupakan katinon sintesis dan termasuk kedalam katinona yang tercantum sebagai Narkotika Golongan I dalam Lampiran I UU Narkotika. Penyalahgunaan dan peredaran gelap methylone dapat dikenakan beberapa ketentuan peraturan perundang-undangan, diantaranya KUHP, UU Obat Keras, dan UU Narkotika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FH. 131/13 Tha p (FULLTEXT TIDAK TERRSEDIA)
Uncontrolled Keywords: NARCOTICS PROPERTY OF THE CRIME; NARCOTICS - LAW AND LEGISLATION
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV5800-5840 Drug habits. Drug abuse
Divisions: 03. Fakultas Hukum
Creators:
CreatorsNIM
MOCHAMAD THARIQ, 030911106UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAstutik, S.H., M.H.UNSPECIFIED
Depositing User: Ika Rudianto
Date Deposited: 19 Nov 2013 12:00
Last Modified: 23 Oct 2016 22:56
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/13676
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item