KEKUATAN BAHASA DALAM MEMPENGARUHI CARA BERPIKIR DAN BERPERILAKU MASYARAKAT JAWA TERKAIT DENGAN PENGGUNAAN NEPTU DI DESA NGLIMAN KECAMATAN SAWAHAN KABUPATEN NGANJUK

DAHANA CAHYANINGRUM, 121011001 (2014) KEKUATAN BAHASA DALAM MEMPENGARUHI CARA BERPIKIR DAN BERPERILAKU MASYARAKAT JAWA TERKAIT DENGAN PENGGUNAAN NEPTU DI DESA NGLIMAN KECAMATAN SAWAHAN KABUPATEN NGANJUK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-cahyaningr-32342-6.abstr-k.pdf

Download (308kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
FS. BI. 28-14 Cah k.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini memiliki tiga tujuan, yaitu menjelaskan tradisi penggunaan neptu, memaparkan bentuk bahasa yang muncul terkait penggunaan neptu, dan mendiskripsikan cara perpikir dan berperilaku masyarakat Jawa yang dipengaruhi oleh penggunaan neptu di Desa Ngliman, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk. Analisis yang digunakan adalah deskripsi kualitatif. Pengumpulan data menggunakan wawancara dengan informan. Objek penelitian adalah masyarakat asli etnis Jawa penggunan neptu yang tinggal di Desa Ngliman, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk. Informan dipilih sesuai kriteria yang telah ditentukan. Teori yang digunakan berhubungan dengan antropologilinguistik dan semantik. Hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa masyarakat masih menggunakan neptu untuk mencari hari baik untuk beberapa tradisi. Tradisi yang menggunakan neptu untuk mencari hari baik adalah pernikahan, khitan, ngedekne omah (mendirikan rumah), boyongan (pindah rumah), kehamilan, membeli barang, menanam dan memanen padi (methil), membuka usaha, perjalanan jauh, mencari kerja, dan selamatan. Pada umumnya masyarakat menggunakan pathokan untuk mencari hari baik untuk melaksanakan hajatan. Angka yang ada dalam penghitungan neptu memiliki penamaan dan maknanya masing-masing. Karena adanya penamaan dan makna dari angka-angka yang muncul pada penghitungan neptu untuk mencari hari baik, masyarakat menjadi berpikir untuk menggunakan angka yang bagus dan menghindari angka yang buruk. Karena pemikiran masyarakat yang telah dipengaruhi oleh bahasa yang muncul dalam penggunaan neptu, maka dampak dari pemikiran tersebut atau cara berperilaku masyarakat menjadi khas dan berbeda dari masyarakat yang tidak mengetahui penggunaan neptu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FS. BI. 28/14 Cah k
Uncontrolled Keywords: ANTHROPOLOGICAL LINGUISTICS; SEMANTICS
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P325-325.5 Semantics
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Creators:
CreatorsNIM
DAHANA CAHYANINGRUM, 121011001UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorEddy Sugiri, Drs. , M.Hum.UNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 04 Jul 2014 12:00
Last Modified: 16 Aug 2016 07:34
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/14372
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item