CITRA PEREMPUAN PADA TOKOH TALYDA DALAM NOVEL PINTU TERLARANG KARYA SEKAR AYU ASMARA

FAHRIL MUSHTHAFA, 120710166 (2014) CITRA PEREMPUAN PADA TOKOH TALYDA DALAM NOVEL PINTU TERLARANG KARYA SEKAR AYU ASMARA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2015-mushthafaf-36434-7.abstr-k.pdf

Download (321kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
FS. BI. 07-15 Mus c.pdf
Restricted to Registered users only

Download (796kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian Citra Perempuan Pada Tokoh Talyda Dalam Novel “Pintu Terlarang” Karya Sekar Ayu Asmara untuk mengetahui citra perempuan pada tokoh Talyda serta mendapatkan citra perempuan sebagai istri sekaligus wanita karir dalam novel Pintu Terlarang. Kajian terhadap masalah ini sangat penting dilakukan, mengingat wacana citra tokoh perempuan sangat penting dalam kehidupan masyarakat sehari-hari. Peneliti menggunakan teori strukturalisme genetik untuk mengetahui unsur-unsur intrinsik yang membangun cerita dalam novel dan keadaan sosial budaya yang memiliki pengaruh terhadap novel. Selanjutnya peneliti mengkaji lebih dalam menggunakan pendekatan sosiologi sastra untuk menemukan citra perempuan yang ada pada tokoh utama yang bernama Talyda. Dari penelitian didapati bahwa aspek sosial budaya dalam novel Pintu Terlarang juga membentuk sebuah citra perempuan yang unik. Dalam tokoh Talyda terdapat citra perempuan sebagai seorang istri sekaligus wanita karir. Citra ini terefleksikan pada interaksi tokoh Talyda terhadap tokoh lain dan situasi yang dihadapinya. Citra yang didapatkan adalah citra tokoh berikut pola tingkahnya dalam menyikapi posisinya sebagai sosok istri sekaligus seorang wanita karir.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FS. BI. 07/15 Mus c
Uncontrolled Keywords: WOMEN IN LITERATURE; NOVELLE
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV697-4959 Protection, assistance and relief > HV697-3024 Special classes > HV1442-1448 Women
P Language and Literature
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Creators:
CreatorsNIM
FAHRIL MUSHTHAFA, 120710166UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAdi Setijowati, Dra., M.Hum.UNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 12 Mar 2015 12:00
Last Modified: 18 Aug 2016 01:10
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/14388
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item