Pesantren Al Hamdaniyah Siwalan Panji Buduran Sidoarjo 1950-1980

Paramita Novitasari (2015) Pesantren Al Hamdaniyah Siwalan Panji Buduran Sidoarjo 1950-1980. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (127kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (99kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (111kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (171kB)
[img] Text (BAB II GAMBARAN UMUM SIDOARJO DAN PERKEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM DI SIDOARJO)
5. BAB II GAMBARAN UMUM SIDOARJO DAN PERKEMBANGANPENDIDIKAN ISLAM DI SIDOARJO.pdf
Restricted to Registered users only until 19 February 2023.

Download (167kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III PESANTREN AL HAMDANIYAH SIWALAN PANJI BUDURAN 1950-1980)
6. BAB III PESANTREN AL HAMDANIYAH SIWALAN PANJI BUDURAN 1950 -1980.pdf
Restricted to Registered users only until 19 February 2023.

Download (210kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV PERANAN PONDOK PESANTREN AL HAMDANIYAH)
7. BAB IV PERANAN PONDOK PESANTREN AL HAMDANIYAH.pdf
Restricted to Registered users only until 19 February 2023.

Download (139kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V KESIMPULAN)
8. BAB V KESIMPULAN.pdf
Restricted to Registered users only until 19 February 2023.

Download (95kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (104kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only until 19 February 2023.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tulisan ini mengkaji tentang perjalanan dari sebuah pesantren tertua di kabupaten Sidoarjo yang menjadi titik awal terciptanya banyak ulama besar di beberapa kota di Jawa Timur. Dimulai dari sejarah pendirian pesantren, aktivitas serta peranan pesantren Al Hamdaniyah pada bidang dakwah, sosial serta pendidikan Islam di Kabupaten Sidoarjo. Skripsi ini menggunakan metode sejarah, yaitu seperangkat azas dan kaidah-kaidah yang sistematis yang diubah untuk membantu secara efektif mengumpulkan sumber-sumber sejarah, menilainya secara kritis, dan menyajikan suatu sintesis hasil yang dicapai, pada umumnya dalam bentuk tertulis. Sumber-sumber yang digunakan dalam penulisan ini adalah buku, arsip, dan juga wawancara Sumber yang digunakan penulis adalah hasil dari wawancara dengan beberapa pengurus pesantren Al Hamdaniyah, alumni dan masyarakat sekitar pesantren. Penulis juga menggunakan beberapa arsip, buku maupun skripsi yang digunakan sebagai sumber pendukung terkait untuk penulisan skripsi ini. Pesantren Al Hamdaniyah merupakan pesantren salafi yang harus bertahan dari pesantren modern disekitarnya yang juga merupakan pesantren keluarga namun dalam perjalanannya timbul gesekan dalam mempertahankan eksistensi masing-masing pesantren. Pesantren Al Hamdaniyah masih bertahan sebagai pesantren salafi diantara pesantren modern disekitarnya. Pesantren masih menggunakan metode sorongan dan bandongan dalam menyampaikan materinya. Ilmu yang diajarkan oleh pesantren Al Hamdaniyah antara lain Nahwu, Hadist, Fiqih,Tauhid,Tafsir, Tajwid, Akhlak dan Sorof. Perkembangan pesantren dimulai dengan adanya gagasan dari kyai yang memimpin pada tahun 1950 untuk membentuk sekolah formal selain pesantren yang non formal. Tujuan dari pembangunan sekolah formal adalah untuk mengikuti perkembangan jaman dan mendapatkan ijazah untuk mencari pekerjaan. Dibangunnya beberapa pesantren baru disekitar pesantren Al Hamdaniyah oleh keturunan KH. Khamdani yang lain menyebabkan adanya gesekan dengan pesantren ini.Penulis tertarik dengan aktifitas pendidikan tradisional yang masih dipertahankan di pesantren Al Hamdaniyah dan peranan pesantren ini dalam bidang dakwah, sosial dan pendidikan. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pesantren Al Hamdaniyah merupakan salah satu pesantren salafi yang masih mempertahankan metode tradisionalnya yang masih memiliki eksistensi baik dalam bidang pendidikan, sosial maupun dakwah, ditengah banyaknya persaingan pesantren yang ada disekitar pesantren Al Hamdaniyah itu sendiri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FS. Sej. 19/15 Nov p
Uncontrolled Keywords: Boarding school
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc > BP174-190 The practice of Islam
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Ilmu Sejarah
Creators:
CreatorsNIM
Paramita NovitasariNIM120710256
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorIkhsan Rosyid Mujahidul AnwariNIDN0009108105
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 13 Mar 2015 12:00
Last Modified: 19 Feb 2020 04:57
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/14392
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item