PRODUKSI BUNYI ANAK RETARDASI MENTAL SEDANG DI SDLB-C1 ALPA KUMARA WARDANA I SURABAYA

LINDA FITRIANI, 121111008 (2015) PRODUKSI BUNYI ANAK RETARDASI MENTAL SEDANG DI SDLB-C1 ALPA KUMARA WARDANA I SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2015-fitrianili-37470-6.abstr-k.pdf

Download (298kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
FS. BI. 19-15 Fit p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian yang berjudul “Produksi Bunyi Anak Retardasi Mental Sedang di SDLB-C1 Alpa Kumara Wardana 1 Surabaya” mendeskripsikan produksi bunyi vokal dan konsonan, serta gejala perubahan bunyi yang terjadi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Data diperoleh dari observasi langsung ke lapangan dengan teknik catat dan rekam. Analisis penelitian berfokus pada produksi bunyi yang diujarkan oleh anak retardasi mental sedang. Media yang digunakan untuk mengetahui produksi bunyi melalui ujarannya dengan media kartu bergambar. Data yang ditemukan ditranskripkan ke dalam bentuk deskripsi fonetis untuk mengetahui produksi bunyi dari ujaran anak melalui alat ucapnya. Subjek yang dijadikan sebagai penelitian ini ada empat anak retardasi mental sedang yang belajar di SDLB-C1 Alpa Kumara Wardana 1 Surabaya. Data dari penelitian ini berupa bunyi ujaran yang diproduksi oleh anak berdasarkan kartu bergambar yang telah diberikan. Produksi bunyi yang dihasilkan subjek penelitian hanya sebatas kata-kata yang berada disekitar mereka. Anak retardasi mental sedang masih dapat berkomunikasi dengan baik, meskipun ada beberapa ujaran yang tidak dapat diproduksi secara tepat. Kemampuan produksi bunyi anak retardasi mental sedang perlu ditingkatkan lagi, agar anak dapat memproduksi bunyi dengan baik dan tepat, sehingga dapat meminimalkan adanya gejala perubahan bunyi yang dihasilkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FS. BI. 19/15 Fit p
Uncontrolled Keywords: MENTAL RETARDATION; SOUND PRODUCTION
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA790-790.95 Mental health. Mental illness prevention
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Creators:
CreatorsNIM
LINDA FITRIANI, 121111008UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTubiyono, Drs. , M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 26 Jun 2015 12:00
Last Modified: 26 Aug 2016 03:25
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/14425
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item