Kemampuan Pelafalan Fon Alfabet Bahasa Indonesia Anak Disabilitas Pendengaran Non-ABD (Alat Bantu Dengar) Di SDLB-B Karya Mulia Di Surabaya

Tiara Safitri (2015) Kemampuan Pelafalan Fon Alfabet Bahasa Indonesia Anak Disabilitas Pendengaran Non-ABD (Alat Bantu Dengar) Di SDLB-B Karya Mulia Di Surabaya. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2015-safitritia-38184-6.abstr-k.pdf

Download (295kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
FS. BI. 56-15 Saf k.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (335kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (296kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (333kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (547kB)
[img] Text (BAB II GAMBARAN UMUM OBJEK PENELITIAN)
5. BAB II GAMBARAN UMUM OBJEK PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (362kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III ANALISIS DATA)
6. BAB III ANALISIS DATA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (749kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV SIMPILAN)
7. BAB IV SIMPULAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (307kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kemampuan pelafalan fon alfabet bahasa Indonesia anak disabilitas pendengaran non-ABD di SDLB-B Karya Mulia II Surabaya merupakan perihal yang harus dimiliki oleh para siswa disabilitas pendengaran non-ABD dalam mengenal bahasa. Kemampuan pelafalan fon alfabet tersebut merupakan fokus dalam penelitian ini dengan tujuan untuk menganalisis dan mengklasifikasikan kemampuan pelafalan fon alfabet bahasa Indonesia siswa-siswa kelas IV SDLB-B Karya Mulia II Surabaya yang berjumlah tiga siswa. Metode yang digunakan untuk mencapai tujuan penelitian tersebut yakni dengan menggunakan metode deskriptif-kualitatif. Metode tersebut digunakan untuk menyerap data secara natural sehingga didapatkan data yang holistis dan komprehensif. Hasil penelitian yang dapat diperhatikan dari perlakuan metode tersebut yaitu adanya ketidaksamaan kemampuan pelafalan fon alfabet bahasa Indonesia dari tiga siswa tersebut. Kemampuan pelafalan fon alfabet bahasa Indonesia dari siswa A didominasi dengan fon distorsi [y], sedangkan kemampuan pelafalan fon alfabet bahasa Indonesia siswa B didominasi dengan fon distorsi [h]. Fon distorsi tersebut merupakan sejumlah fon alfabet bahasa Indonesia yang tidak mampu dipersepsikan dengan baik oleh siswa A dan B. Di sisi lain, kemampuan pelafalan fon alfabet siswa C mendekati sempurna dengan tidak adanya dominansi fon distorsi. Siswa C hanya mengalami kesukaran dalam melafalkan fon [ḍ] dan [h]. Dengan demikian, dalam penguasaan pelafalan fon alfabet bahasa Indonesia anak disabilitas pendengaran non-ABD (siswa-siswa kelas IV SD) di SDLB-B Karya Mulia II Surabaya terdapat tingkat kemampuan yang tidak sama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FS. BI. 56/15 Saf k
Uncontrolled Keywords: DISABILITIES; INDONESIA LANGUAGE-PRONUNCIATION
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV697-4959 Protection, assistance and relief > HV697-3024 Special classes > HV701-1420.5 Children > HV888-907 Children with disabilities
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P221 Phonology and Phonetics
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Creators:
CreatorsNIM
Tiara SafitriNIM121111086
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTubiyonoNIDN0008035804
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 03 Sep 2015 12:00
Last Modified: 20 Mar 2020 08:08
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/14450
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item