Roza Noviar Nurtjahyo (2015) Kemampuan Berbicara Pada Anak Tunarungu Di Sekolah Inklusif Galuh Handayani Surabaya: Kajian Psikolinguistik. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2015-nurtjahyor-38191-7.abstr-k.pdf Download (254kB) | Preview |
|
Text (FULL TEXT)
FS. BI. 60-15 Nur k.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf Download (346kB) |
||
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf Download (254kB) |
||
Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI.pdf Download (216kB) |
||
Text (BAB I PENDAHULUAN)
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (449kB) |
||
Text (BAB II GAMBARAN UMUM OBJEK PENELITIAN)
5. BAB II GAMBARAN UMUM OBJEK PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only Download (379kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III ANALISIS DATA)
6. BAB III ANALISIS DATA.pdf Restricted to Registered users only Download (888kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV PENUTUP)
7. BAB IV PENUTUP.pdf Restricted to Registered users only Download (348kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (297kB) |
Abstract
Penelitian tentang kemampuan berbicara pada anak tunarungu di Sekolah Inklusif Galuh Handayani Surabaya ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berbicara terutama kemampuan fonologis pada anak tunarungu di Sekolah Inklusif Galuh Handayani Surabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data diambil dengan menggunakan teknik simak libat cakap ditambah dengan teknik rekam serta catat. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini berlandaskan pada teori psikolinguistik dan kajian fonologis. Hasil penelitian ini menunjukkan kemampuan setiap anak tunarungu berbeda. Perbedaan yang ditemui yaitu pengujaran fonem-fonem tertentu sedangkan kesamaan yang terdapat pada penelitian ini yaitu pengujaran awalan yang mengalami kekurangan. Dari 20 media gambar yang diberikan peneliti, sebagian besar anak tunarungu tidak dapat mengujarkan fonem-fonem tertentu dan ketidaksempurnaan dalam mengujarkan awalan. Demikian pula perbendaharaan kosakata yang dimiliki mengalami kekurangan sehingga mengakibatkan pengujaran kata dasar tidak sempurna. Ditinjau dari kajian psikolinguistik, faktor penyebab anak tunarungu yang diteliti tersebut adalah karena adanya gangguan disfungsi pada pendengaran dan kurangnya melatih diri atau terapi bicara.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 FS. BI. 60/15 Nur k | ||||||
Uncontrolled Keywords: | SPEECH; INDONESIA LANGUAGE-PHONOLOGY; PSYCHOLINGUISTICS | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV697-4959 Protection, assistance and relief > HV697-3024 Special classes > HV701-1420.5 Children > HV888-907 Children with disabilities P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P221 Phonology and Phonetics |
||||||
Divisions: | 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | sukartini sukartini | ||||||
Date Deposited: | 03 Sep 2015 12:00 | ||||||
Last Modified: | 24 Mar 2020 06:07 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/14454 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |